Tuesday, February 20, 2007

KKPI ~ TECHNOLOGY ~ INFORMATION




by: www.fajarkeren.co.cc


....................TIDAK HARUS menjadi orang yang ISTIMEWA..tetapi berusahalah berbuat sesuatu yang terbaik disaat orang lain tidak bisa melakukannya...


....................foto dokumen: FAJAR SUBHIYANTO sedang mewisuda di salah satu perguruan tinggi...


Silahkan tunggu... sedang proses...
setelah muncul gambar lanjutkan...


SEMUA TENTANG TEKNOLOGI DAN INFORMASI ADA DI SINI
SEMUA APA YANG ANDA CARI ADA DI SINI



Microsoft Umumkan:

Patch Darurat untuk

Internet Explorer


SAN FRANSISCO -- Microsoft terpaksa mengeluarkan patch darurat yang jarang dilakukannya, Rabu I17/12), bagi browser Internet Explorer.

Raksasa software itu mengumumkan langkah tersebut Selasa larut malam setelah sejumlah pakar keamanan memberikan nasehat kepada pengguna komputer agar beralih ke browser saingannya sampai Microsoft memperbaiki masalah itu.

Cacat yang ditemukan belum lama itu dipandang sebagai sangat menentukan.[by: www.fajarkeren.co.cc ] Cacat ini akan memungkinkan para penyerang mengambil alih komputer dengan mengarahkan mereka ke berbagai laman Internet yang yang terserang tanpa pengguna harus mengunduh apa-apa.

Hingga sejauh ini, lebih dari dua juta komputer diduga telah terserang, kata PC Magazine, seperti dikutip DPA.

Microsoft biasanya merilis patch--yakni program yang dirancang untuk memperbaiki berbagai masalah atau meng-update program komputer atau data pendukungnya--pada jadwal yang telah ditetapkan, dan ini merupakan patch darurat ketiga dalam tiga tahun terakhir ini. - ant/ah


Ingin Website Kita Populer ?

Apakah web anda sudah terdaftar di google atau search engine lainnya? Ada di posisi berapa atau di halaman berapa web anda ketika dicari dengan kata kunci yang anda bidik? atau pertanyaan lebih dalam lagi, “saya cari nama domain saya di google, tapi koq tidak muncul?” Ya, pertanyaan-pertanyaan seperti itu kerap sekali muncul di benak anda. Sesungguhnya pertanyaan diatas tidak bisa dijawab secara pasti, karena search engine memiliki algoritma tersembunyi dan tidak diketahui oleh siapapun. Namun ada beberapa langkah yang bisa kita gunakan supaya web kita bisa mudah dicari di search engine. Mari kita bahas bersama satu-persatu.

Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah menghindari duplicate content. Search engine sangat tidak menyukai artikel atau isi website kita yang memiliki sama dengan website lain. Jangan pernah mengcopy-paste artikel atau isi dari website lain, karena search engine akan mengetahuinya. Kemudian yang juga berhubungan dengan isi website kita adalah buatlah konten website kita semenarik mungkin dan mudah terbaca, khususnya di paragraf pertama. Variasikan tulisan di website kita dengan tulisan bold, miring, atau coret untuk menandakan bahwa kata tersebut adalah penting. Kemudian untuk judul atau subjudul gunakan heading html seperti h1, h2 dsb.

Submit website kita ke search engine. Memang langkah ini terbilang jadul, dan bahkan beberapa ahli mengatakan kalau cara ini tidak efektif. Tapi tentu apa salahnya kita coba, toh fasilitas tersebut juga disediakan oleh search engine. Untuk lebih memaksimalkan adalah buatlah sitemap di google, msn atau yahoo yang menerangkan secara singkat isi atau alur website kita. Cara membuat sitemap di google, bisa ikuti panduan "cara membuat Google Sitemap" yang bisa kita cari lewat Google.

Langkah terakhir yang terbilang cukup penting adalah membangun link masuk ke website anda. Singkatnya adalah buatlah website anda menjadi referensi bagi website-website lainnya sehingga memberikan link atau chanel ke website anda. Semakin banyak link yang mengarah ke website anda, semakin bagus bagi website anda. So, semoga dengan artikel ini bisa memberikan pencerahan bagi para pemilik website yang belum terindex search engine.


Islam Berkembang Pesat di China

GUANGZHOU - Islam kembali datang dan menguat di Guangzhou, salah satu kota pusat perdagangan di Cina, sekaligus tempat pertama kali Islam tiba di daratan tersebt seribu tahun lalu oleh para pedagang.

"Pemahaman saya tentang Islam telah meluas dan mendalam kini," ungkap Jin Lei, seorang muslim dari propinsi Shandong, yang baru pindah ke Guangzhou, seperti yang dikutip oleh China Daily, 23 Desember lalu.

"Ketika saya bertemu dengan muslim dari negara-negara berbeda, saya menjadi tahu jika Islam bukan terbatas pada ritual dan masjid, melainkan cara hidup," tambah Jin Lei.

Guangzhou kini menjadi rumah bagi empat masjid termasuk Majid Huaisheng yang terkenal. Masjid Huaisheng didirikan oleh salah satu paman sekaligus sahabat dekat Rasul Muhammad, Sa'ad bin Abi Waqqas.

Kota juga memiliki sebuah makam yang diyakini makam Sa'ad bin Abi Waqqas. Kini kota itu kembali menjadi pusat tujuan pedagang muslim. Seperti pedagang yang mengenalkan Islam pertama kali ke Cina, mereka kini dihargai karena membangkitkan kembali Guangzhou.

"Situasi sosial komunitas muslim saat ini di Guangzhou, mirip dengan jaman Dinasti Tang," ujar Ma Qiang, asisten profesor studi etnologi dan keagamaan di Universitas Normal Shaanxi.

"Kedua komunitas berbeda tak jauh dengan kondisi saat China pertama kali membuka diri dan memiliki perekonomian makmur," imbuh Ma, seorang cendekia muslim yang menulis komunitas muslim Guangzhou sebagai tema desertasi doktoralnya.

Kota itu sejak lama terkenal sebagai salah satu pusat perdagangan internasional yang menarik pedagang muslim dari Timur Tengah, Asia Selatan, dan Asia Tenggara selama bertahun-tahun.

"Saya pertama kali datang ke Cina pada 1999. Saya jatuh cinta dengan kota ini dan sejak itu hampir sebagain besar waktu tinggal di sini," aku Mohamed Ali Algerwi, pengusaha Yaman berusia 39 tahun.

"Ia telah mendirikan perusahaan swasta pribadi di Guangzhou dan kini mengekspor aksesoris mobil, keramik, ban, aksesoris kendaraan, dan kosmetik ke negara-negara Arab.

Sementara Abdul Bagi Al-Atwani, 38 tahun juga pengusaha Yaman, mengaku datang pertama kali ke Cina 15 tahun lalu sebagai pelajar. Ia pindah ke Guangzhou pada 1999 dan kemudian memulai bisnsi perdagangan antara Cina dan negara-negara Arab.

"Saya suka Guangzhou. Ini tempat yang baik untuk berbisnis dan tinggal," tutur Al Atwani seraya mengaku memiliki restoran dalam bahasa Cina yang fasih.

Banyak toko di pusat perbelanjaan Guangzhou, meyajikan barang-barang untuk melayani pedagan muslim luar, menyediakan mereka barang-barang Islami, kebutuhan sehari-hari seperti pakaian Arab dan Afrika, bahkan Al Qur'an elektronik.

Tanpa pendatang muslim luar, banyak dari kita menjadi penganggguran," ungkap Fang Qinghaou, pemilik toko di Pusat Komersial Internasional Honghui. "Ketika waktu sholat tiba, mereka kadang sholat di toko saya. Saya bantu menyediakan lembaran papan, atau kertas untuk mereka bersujud," kata Fang

"Saya paham jika mereka memiliki keyakinannya sendiri, namun kita tidak membicarakannya. Kami hanya berbicara bisnis," ujar Fang lagi.

Islam di Guangzhou sendiri sempat menurun pada abad ke-20, dan sensus nasional tahun 2000 lalu mencatat, muslim di wilayah kota itu hanya 9.838, orang. Lalu setelah itu tidak ada laporan lagi.

Kini menurut Asosiasi Islami Guangzhou, jumlah muslim tinggal di kota itu meningkat sekitar 50 ribu hingga 60 ribu orang. Wang Wenji, wakil presiden organisasi tersebut mengatakan lebih dari 10 ribu jamaah melakukan sholat Jumat di empat masjid kota.

Kapasitas masjid yang tak mampu menampung keseluruhan jamaah, seringkali membuat warga muslim sholat di trotoar depan sekitar masjid. "Pertama kali penduduk lokal bingung melihat para jamaah. [by: www.fajarkeren.co.cc ]Namun kini mereka telah terbiasa dengan pemandangan itu," ujar Bai Lin, imam Masid Xiaodongying.

"Penduduk di Guangzhou sangat berpikiran terbuka," kata Bai lagi.

Sehingga tidak heran bila di kota itu banyak pula ditemukan restoran halal, terutama di area konsentrasi muslim, yang menawarkan masakan Arab, Cina, Afrika, dan Thailand.


Beli Laptop ? Tips memilih laptop

Laptop sepertinya sudah bukan menjadi barang mewah lagi. Mereka yang mobilitasnya tinggi dan sering bepergian, memilih laptop sebagai 'teman sejati' yang menemani setiap pekerjaan mereka kemanapun mereka pergi.

Namun tak sedikit konsumen yang bimbang dan kebingungan saat ingin membeli laptop baru mengingat laptop bukanlah barang murah. Terlebih lagi saat ini bermunculan berbagai jenis laptop dengan beragam spesifikasi dan merk, pun harganya bervariasi. Tak jarang pula konsumen membeli laptop dengan spesifikasi yang 'wah' tanpa memikirkan kegunaannya.

Bagaimana memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan? Simak beberapa tips singkat berikut ini:

1. Tentukan dulu kegunaannya, apakah laptop akan dipakai untuk disain dan gaming, men-develop sistem, atau mobile.

- Jika laptop dipakai untuk tujuan disain dan gaming, sebaiknya Anda memilih spesifikasi laptop dengan menitikberatkan pada kartu VGA (Video Graphics Array) dan memori yang handal. Jika Anda ingin laptop dengan kemampuan lebih tinggi, memilih teknologi multi-core dan arsitektur 64-bit sangat disarankan.

Untuk penggunaan disain grafis ataupun bermain game, sebaiknya pilih laptop dengan VGA yang tinggi kekuatannya dan memori yang besar agar disain dan bermain game terasa lebih 'ringan'. Kartu VGA sendiri berguna untuk menerjemahkan output komputer ke monitor. Sedangkan memori merupakan sebuat alat penyimpan data digital sementara yang biasanya mempunyai kapasitas ukuran berdasarkan standard bit digital yaitu 16MB, 32MB,64MB, 128MB, 256MB dan seterusnya (kelipatan dua).

- Untuk developing, biasanya dibutuhkan software develop yang membutuhkan resource tinggi. Anda bisa memilih laptop dengan mempertimbangkan prosesor dan memori dengan spesifikasi tinggi agar bisa mengimbangi perkembangan piranti lunak dan developing tools yang kian hari kian 'rakus' memori. Teknologi multi-core dan arsitektur 64-bit juga disarankan.

- Untuk mobile, Anda bisa menekankan pilihan pada umur baterai, berat laptop, ukuran layar, serta beberapa fitur internal konektifitas seperti wifi, bluetooth, IrDA, NetworkCard, Modem.

2. Terlepas dari pemilihan penggunaan, beberapa yang harus dipertimbangkan dalam memilih laptop adalah soal besar layar, berat laptop dan umur baterai. Jika Anda akan sering memakai laptop di perjalanan, sebaiknya pilih laptop yang ringan, dengan ukuran layar yang tidak terlalu besar agar tidak kesulitan membawanya.

Umur baterai juga patut dipertimbangkan. Umumnya baterai laptop paling tidak bisa bertahan 2 hingga 3 jam tanpa terhubung ke adapter. Jika Anda ingin menghemat penggunaan baterai, matikan fungsi konektifitas seperti Wifi atau Bluetooth karena fungsi tersebut akan memperbanyak konsumsi baterai.

3. Pertimbangkan layanan purna jualnya.
Saat hendak membeli laptop, jangan lupa untuk mempertimbangkan layanan purna jualnya mulai dari gerai service (banyak atau tidak, mudah dijangkau atau tidak),
[by: www.fajarkeren.co.cc ]ketersediaan spare parts serta harga jual kembali. Jangan memilih laptop yang spare parts-nya sulit dicari. Disarankan, jangan membeli laptop yang spare parts-nya sulit dicari. Mau beli laptop ? Hubungi: Mr. Fajar via email: fajarsubhi@yahoo.co.id[]


EDISI MINGGU SEBELUMNYA:


Perempuan Lebih Rentan

Terserang Kardiovaskular


by: Cholik Hr.

Para ahli membuat prediksi, satu di antara dua perempuan meninggal (1:2) disebabkan penyakit kardiovaskular (penyakit jantung koroner dan stroke) dibanding satu di antara dua puluh lima kaum perempuan yang meninggal (1:25) akibat penyakit kanker payudara. Para ahli meneliti, faktor risiko penyakit kardiovaskular dan bagaimana kaum perempuan sangat rentan terkena penyakit ini. Faktor risiko utama penyakit kardiovaskular pada perempuan adalah merokok, hipertensi, dislipidemia, diabetes mellitus, obesitas/kegemukan, kurang aktivitas, dan diet yang salah.
Merokok. Perokok mempunyai risiko 2-4 kali lebih tinggi daripada bukan perokok terserang penyakit jantung dan stroke (Kusmana, 2006). Susenas tahun 2001 memberikan gambaran, 27% penduduk usia lebih dari 10 tahun menyatakan merokok dalam satu bulan terakhir, 54,5% penduduk laki-laki merupakan perokok dan 1,2% perempuan sebagai perokok.[by: www.fajarkeren.co.cc ] Penelitian di Inggris membuktikan, perempuan perokok berisiko 2 kali lebih besar terancam kematian karena serangan jantung daripada laki-laki.
Hipertensi. Terdapat hubungan sangat kuat antara hipertensi dengan penyakit jantung dan stroke baik pada laki-laki dan perempuan. Hipertensi meningkatkan beban jantung yang membuat dinding jantung menjadi semakin membesar dan akhirnya melemah. Tekanan darah yang tinggi terus menerus akan menyebabkan kerusakan sistem pembuluh darah arteri secara perlahan-lahan, dengan mengalami proses pengerasan yang akan diperberat adanya peningkatan lipid. Akhirnya, lumen pembuluh darah arteri menyempit dan aliran darah berkurang, bahkan bisa berhenti. Jika arteri koroner yang mengalami penyempitan, maka akan terjadi kerusakan otot jantung (penyakit jantung koroner).
Penderita sering tidak menyadari, dia menderita tekanan darah yang tinggi selama bertahun-tahun sampai akhirnya komplikasi berat terjadi seperti serangan stroke, serangan jantung atau gagal ginjal. Kusmana (2006) mengatakan, dari hasil penelitian menunjukkan, risiko kematian akibat penyakit jantung koroner dan stroke sudah meningkat 1,6 kali pada saat tekanan darah masih dianggap normal tinggi 130-139/85-89 mmHg dan menjadi 2,3 kali untuk hipertensi tingkat 1 (140-159/90-99 mmHg).
Diabetus Milletus. Kencing manis atau disebut juga Diabetus Milletus (DM) menyebabkan gangguan vaskuler berupa mikroangiopati, terjadinya penebalan dinding pembuluh darah pada semua organ, mata, ginjal, otak, dan jantung; sehingga terjadi aterosklerosis hebat. Kelebihan berat badan, usia lanjut, konsumsi karbohidrat berlebih, dan kerusakan pankreas, merupakan penyebab terjadinya penyakit DM.
Diabetus merupakan faktor risiko yang sangat kuat bagi perempuan, dengan meningkatkan risiko serangan penyakit jantung 3-7 kali dibandingkan 2-3 kali pada laki-laki.
Obesitas dan Kurang Aktivitas. Kegemukan (obesitas) dan kurang aktivitas adalah paralel, saling berhubungan yang sama-sama berkontribusi terhadap peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke. Beberapa riset membuktikan, secara tidak langsung efek perlindungan gerak badan aerobik terhadap penyakit jantung koroner dengan memberikan pengaruh pada pengurangan berat badan, hipertensi, lemak darah, toleransi glukosa, dan peningkatan cara hidup sehat. Hasil penelitian di Indonesia yang dilakukan Kusmana, 1983, dengan 2.040 responden di Jakarta Selatan, menunjukkan, individu yang berolah raga berat atau bekerja fisik cukup berat, mempunyai prosentase terendah mengalami hipertensi dan serangan penyakit jantung koroner.
Rekomendasi WHO untuk program aktivitas fisik masyarakat dan individu dalam mengurangi penyakit cardiovascular adalah paling sedikit 30 menit aktivitas fisik tingkat sedang secara teratur setiap hari. Rekomendasi lain dari American Heart Association, aktivitas fisik yang meningkatkan kesehatan jantung, paru, dan sirkulasi adalah aktivitas sedang sampai berat dengan jenis aerobik paling sedikit 30 menit setiap hari.

Strategi Pencegahan terhadap Serangan Penyakit Kardiovaskular
WHO membuat strategi untuk mencegah dan mengontrol meningkatnya angka kejadian penyakit kronis, termasuk di dalamnya cardiovascular, dengan dua strategi utama, yaitu diet yang sehat dan aktivitas fisik, yang dicetuskan dalam Global Strategy on Diet, Physical Activity and Health pada 2002 (WHO, 2002).
Diet Sehat. Diet yang sehat dan aktivitas fisik sehari-hari pada tingkat sedang sangat penting untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat, menurunkan tekanan darah, menurunkan lemah tubuh, dan meningkatkan metabolisme glukosa. Data ilmiah membuktikan, perubahan pola diet dan aktivitas fisik berpengaruh secara kuat pada penurunan faktor risiko lain penyakit kardiovaskular. Penelitian Sauvaget et al. (2003) dan Joshiura et al. (2001) membuktikan, buah dan sayur dapat mencegah penyakit kardiovaskular.
Program diet WHO (2002) seperti: 1). Mencapai keseimbangan energi dan berat badan sehat. 2). Batasi intake lemak dan alihkan konsumsi lemak saturated ke lemak unsaturated. 3). Tingkatkan konsumsi buah-buahan dan sayuran, serta kacang-kacangan 4). Batasi penggunaan gula bebas. 5). Batasi garam dari semua sumber dan pastikan garam beryodium.
Aktivitas Fisik. Aktivitas fisik merupakan cara utama pembakaran energi, sehingga merupakan dasar untuk mengontrol keseimbangan energi dan mengontrol berat badan. Aktivitas fisik dapat menurunkan risiko penyakit cardiovascular dengan cara 1. menurunkan tekanan darah, 2. meningkatkan level kolesterol HDL dan menurunkan kadar lemak LDL, 3. meningkatkan kontrol glukosa darah pada obesitas, 4. menurunkankan berat badan (Kusmana, 2006).
Kusmana, D. (2006) membuat strategi untuk mengurangi risiko serangan jantung dan stroke dengan akronim TRIAS SOK. S berarti Stop merokok, stress diatasi, seimbangkan gizi; O berarti Olahraga teratur, obesitas diatasi; K berarti Kerja fisik biasakan, kendalikan hipertensi, kombinasikan sesuai faktor risiko yang ada.

Penulis adalah Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan UNMUH Ponorogo, saat ini sedang menyelesaikan program Magister di FK UGM Yogyakarta dengan minat studi Perilaku dan Promosi Kesehatan.>>Click<< berikut untuk mengetahui reverensi tulisan ini



Leci, Si Pencegah Hipertensi

LECI yang manis kaya zat gizi karena mengandung kadar vitamin C dan kalium yang tinggi. Zat-zat yang ada dalam leci dapat mencegah dan mengobati aneka penyakit, antara lain batuk, luka lambung, dan hipertensi.

Buah leci (Litchi chinensis Sonn) berasal dari provinsi Kwantung dan Fukien di Cina Selatan. Pada tahun 1873 tanaman ini menyebar ke Hawaii, kemudian ke Florida, AS pada tahun 1883. Provinsi Kwantung dan Fukien di Cina terkenal sebagai produsen terbesar buah leci, diikuti oleh India dan negara-negara lainnya.
Di Indonesia, tanaman leci belum begitu populer. Namun, karena memiliki cita rasa yang unik dan nilai ekonomi tinggi, tanaman ini juga telah mulai dicoba dibudidayakan di Bali (Gianyar, Tabanan, Badung) dan Cianjur.

Leci merupakan tanaman subtropis yang termasuk ke dalam famili Sapindaceae atau soapberry. Dikenal dengan beberapa istilah, seperti lichi, litchi, lichee, laichi, leechee, atau lychee.[ by: www.fajarkeren.co.cc ] Buah leci memiliki harga jual yang tinggi, baik dalam keadaan segar maupun dalam bentuk olahan.

Padat Gula
Kandungan air pada buah leci cukup tinggi, yaitu sekitar 77 – 83 persen, kadar energinya mencapai 66 kkal per 100 gram. Sebagian besar energi berasal dari karbohidrat (gula), yaitu sebesar 59,5 kkal, sisanya dari protein dan lemak berturut-turut sebesar 2,8 kkal dan 3,7 kkal. Kandungan karbohidrat pada buah leci cukup tinggi (16,53 g per 100 g buah) yang terdiri dari berbagai jenis gula.

Leci mengandung sukrosa dan glukosa melimpah, sehingga mengonsumsi buah leci pada malam hari dapat menambah cadangan energi untuk keesokan harinya. Kandungan gula yang terkandung pada leci sangat bervariasi tergantung dari varietas, tetapi umumnya mencapai 10–13 persen. Leci juga merupakan sumber serat pangan (dietary fiber) yang lumayan, yaitu sekitar 1,3 g per 100 g daging buah.

Kadar lemak pada buah leci sangat rendah, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh semua kelompok usia, termasuk juga bagi yang sedang berdiet untuk mempertahankan atau menurunkan berat badan. Karena itu, tidak ada batasan berapa banyak leci yang sebaiknya dikonsumsi per harinya.

Vitamin C dan Kalium
Vitamin yang paling menonjol pada buah leci adalah vitamin C dengan kadar 71,5 mg per 100 gram daging buah. Dengan mengonsumsi 100 gram buah leci, sudah dapat memenuhi lebih dari 100 persen kebutuhan vitamin C dalam sehari.

Vitamin C merupakan antioksidan alami yang sangat berguna untuk melawan serangan radikal bebas, penyebab penuaan dini, dan berbagai penyakit kanker. Berdasarkan keyakinan tersebut, dewasa ini vitamin C banyak ditambahkan ke dalam berbagai produk pangan olahan.

Mineral yang menonjol pada buah leci adalah potasium 171 mg, fosfor 31 mg, magnesium 10 mg, dan kalsium 5 mg. Walaupun dengan kadar yang rendah, leci juga mengandung zat besi, seng, tembaga, natrium, selenium, serta mineral lainnya.

Kalsium, fosfor, dan magnesium merupakan tiga serangkai mineral penting untuk pembentukan tulang dan kerangka tubuh yang normal, sehingga sangat dibutuhkan anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan dan juga oleh orang dewasa untuk menghambat laju osteoporosis.
Tembaga merupakan salah satu mineral antioksidan. Kekurangan mineral ini dapat menggangu mekanisme normal tubuh dalam mengeliminasi keberadaan radikal bebas yang senantiasa terbentuk di dalam tubuh.

Mineral tembaga (Cu) dapat membentuk kompleks dengan sistem enzim antioksidan Superoksida Dismutase (SOD) yang berperan dalam menetralisasi radikal superoksida.
Hal yang sangat menarik perhatian dari komposisi mineral leci adalah perbandingan antara potasium (K) dan sodium (Na) yang sangat tinggi, yaitu 171:1. Hal ini tentu sangat menguntungkan karena makanan olahan yang kita konsumsi sehari-hari umumnya mengandung Na tinggi, tetapi sangat rendah K. Hal tersebutlah yang menyebabkan semakin meningkatnya jumlah penderita hipertensi di Indonesia.

Kalium (disebut juga sebagai potasium) sangat berperan penting dalam meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot, mengatur pengiriman zat gizi lainnya ke sel-sel tubuh, mengendalikan keseimbangan cairan pada jaringan sel tubuh, serta menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi). Dengan demikian, patut disayangkan jika proses pengolahan pangan seringkali menyebabkan rendahnya rasio kalium terhadap natrium, akibat pemakaian garam dapur dan MSG (penyedap rasa) yang berlebihan.

Konsumsi bahan pangan yang tinggi K diharapkan dapat mengimbangi tingginya Na akibat konsumsi makanan yang banyak mengandung MSG dan garam. Rasio Na dan K dalam makanan sehari-hari yang sangat dianjurkan adalah 1:1. Komposisi gizi secara lengkap dari buah leci dapat dilihat pada Tabel 1.

Kadar asam pada buah leci mencapai 0,20–0,64 persen. Jenis asam paling dominan adalah asam malat yang mencapai 80 persen, sedangkan 20 persen sisanya terdiri dari asam sitrat, suksinat, levulinat, fosfat, glutarat, malonat, dan asam laktat. Kombinasi gula dan berbagai jenis asam tersebut menyebabkan leci memiliki cita rasa yang manis dan menyegarkan.

Obati Batuk dan Luka Lambung
Dalam sejarah pengobatan, buah leci dipercaya dapat mengobati batuk serta memiliki efek yang menguntungkan untuk menyembuhkan gastralgia, tumor, dan pembesaran kelenjar.

Telah dilaporkan bahwa pemberian leci segar di Florida, dapat menyembuhkan luka lambung, sehingga penderita yang sebelumnya merasa terganggu dapat kembali menikmati makanan dengan enak. Penyebab pasti dari hal tersebut belum diketahui secara ilmiah.

Seperti halnya buah lengkeng dan aprikot, buah leci juga tergolong ke dalam buah yang bersifat panas (karena kebanyakan matang di hawa dingin), sehingga sangat cocok dikonsumsi kelompok orang yang badannya lemah dingin.

Energi vital dan limpa mereka kebanyakan lemah, metabolisme dasarnya rendah, tubuhnya kurang menghasilkan energi, kaki dan tangannya juga terasa dingin di hari-hari yang panas sekalipun. Wajah mereka lebih putih daripada orang biasa, dan jarang merasa haus, serta tidak suka mengonsumsi makanan dingin. Buah-buahan yang bersifat panas sangat bermanfaat bagi mereka.( Oleh: Prof. DR. Made Astawan)



Open Office CALC
Apa itu CALC ?


Calc adalah salah satu komponen OpenOffice yang digunakan untuk spreadsheet. Kita
dapat memasukkan data, biasanya data numeric, kemudian data ini diproses dengan
tujuan memperoleh keluaran/hasil tertentu.
Fungsi OpenOffice Calc sama dengan fungsi Excel pada Ms.Office di Windows. Data
yang kita olah dapat menggunakan beberapa formula, membuat grafik, dan bagan chat
sama seperti yang pernah kita pelajari pada Excel


Spreadsheet, Sheet, dan cells


Calc bekerja dengan bagian yang disebut spreadsheets, spreadsheets terdiri dari
beberapa sheet, tiap sheet terdiri dari blok-blok cell.
Didalam cell kita bisa memasukkan data, formula dan sebagainya.

Bagian-Bagian Jendela Utama Calc:

CLICK berikut untuk BACA LEBIH LANJUT...















RENUNGAN:

Shalat Berjamaah


Shalat berjamaah, di samping memberikan pahala yang berlipat kepada pelakunya, ternyata juga bisa dijadikan pelajaran tentang bagaimana seharusnya kita hidup bermasyarakat, terutama dalam kaitannya dengan hubungan antara pemimpin (imam) dan yang dipimpin (makmum).

Minimal ada empat pelajaran mengenai kehidupan bermasyarakat yang bisa kita petik dari salat berjamaah. Pertama, kriteria utama menjadi imam dalam salat adalah keahlian, yakni yang lebih berhak menjadi imam adalah yang paling ahli mengenai kandungan Alquran dan hadis.

Di sini tampak bahwa demokrasi ala salat berjamaah dalam memilih pemimpin bukan berorientasi kepada kepopuleran sang calon, tetapi lebih berorientasi kepada keahlian. Ini berbeda dengan banyak sistem politik demokratis, di mana akibat prinsip bahwa suara mayoritas yang menentukan, seorang pemimpin bisa terpilih sekadar karena kepopulerannya.

Kedua, kriteria bagi imam salat berjamaah adalah wawasan yang luas dan integritasnya pada Islam. Bila terjadi bahwa di antara para calon imam, ternyata sama-sama ahli tentang kandungan Alquran dan hadis, maka harus dilihat siapa di antara mereka yang mempunyai wawasan dan integritas yang lebih pada Islam.

Ini sangat tampak pada pemilihan pemimpin umat Islam, sepeninggal Nabi Muhammad SAW. Empat Khulafaur Rasyidin (Abu Bakar, Umar bin Khattab, Usman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib), semuanya berasal dari suku Quraisy. Mereka dipilih umat Islam menjadi Khalifah (pemimpin), karena dinilai telah teruji wawasannya, loyalitasnya, serta integritasnya kepada Islam. Di antaranya, mereka merupakan kelompok pertama yang memeluk Islam, dan kemudian ikut berjuang bersama Nabi SAW dengan jiwa dan raganya.

Ketiga, kreteria seorang imam salat harus bersedia dikoreksi. Hal itu terlihat tatkala sang imam melakukan kesalahan dalam bacaan salatnya, maka makmum (rakyat) harus membenarkan bacaannya.[by: www.fajarkeren.co.cc ] Kemudian, apabila imam salah langkah (kurang atau lebih gerakannya) dalam memimpin salat berjamaah, maka makmum harus mengingatkan dengan membaca ''Subhanallah''. Mendengar bacaan tersebut, sang imam harus mawas diri dan menyadari bahwa ia telah salah langkah dan segera memperbaikinya.

Keempat, imam yang batal harus bersedia mundur dan mempersilakan salah seorang makmum di belakangnya untuk menggantikannya menjadi imam, meskipun masa jabatannya (sebagai imam salat) belum berakhir.[]


Seluruh Pimpinan & Staff www.fajarkeren.co.cc mengucapkan selamat menunaikan IBADAH HAJI untuk para jemaah haji di manapun berada, semoga menjadi Haji yang Mabrur... amiiiinn....





Apa itu HAJI MABRUR ?
MAKNA FILOSOFIS HAJI MABRUR
oleh: Muhammad Qorib

Kita merasa bahagia dan bersyukur bahwa kaum Muslimin di Indonesia yang berziarah ke Tanah Suci semakin meningkat dari tahun ke tahun. Peningkatan yang menggembirakan itu tentunya harus diiringi dengan suatu upaya penggalian terhadap makna dan relevansi ziarah tersebut secara lebih substansial.

Karena pada hakikatnya ibadah haji bukan merupakan ibadah ritual semata. Lebih dari itu, ibadah haji adalah napak tilas perjalanan hamba-hamba Allah yang suci: Nabi Ibrahim ‘alaihissalam, Siti Hajar dan Ismail. Peristiwa yang mereka jalani amat historis, oleh sebab itu banyak memberikan pelajaran bagi kita.
Haji merupakan ibadah yang amat penting. Ibadah ini, oleh para ulama, ditempatkan sebagai rukun Islam yang ke lima. Haji merupakan serangkaian ritual yang akan mengantarkan pelakunya menjadi manusia yang bersih. Rasulullah saw. bersabda, “Siapa yang melakukan haji tidak melakukan rafats dan tidak berbuat fasik, ia kembali seperti pada hari ia dilahirkan oleh ibunya.”
Pada sisi lain, setiap orang yang melaksanakan ibadah haji bertujuan untuk memperoleh haji yang mabrur. Tujuan itu bukannya tanpa alasan, terkait dengan hal ini, Rasulullah saw. bersabda, “Sebaik-baik amal ialah iman kepada Allah dan Rasul-Nya, kemudian jihad fi sabilillah, kemudian haji mabrur.” Pada kesempatan lain Rasulullah juga bersabda, “Jihadnya orang yang sudah tua dan jihadnya orang yang lemah dan wanita ialah haji mabrur.”

Makna Haji Mabrur

Haji bisa dikatakan mabrur jika orang yang melakukannya, sepulang dari menunaikan ibadah haji menunjukkan komitmen dan solidaritas sosial yang tinggi. Ibadah haji bisa dinilai baik dan dikatakan mabrur bila secara sosial orang yang melaksanakannya selalu memberikan manfaat kepada orang-orang yang ada di sekitarnya.
Dalam sebuah hadits, Rasulullah saw. bersabda, “…tidak ada balasan bagi haji mabrur kecuali surga. “ Dengan kata lain surga adalah tempat yang pantas bagi orang yang hajinya mabrur. Hadits ini memang pantas untuk kita renungkan muatannya. Di sini, timbul pertanyaan yang perlu untuk dijawab, “mengapa haji mabrur balasannya surga?”
Secara semantis, yaitu dengan memahami makna haji mabrur itu sendiri, kata mabrur berasal dari bahasa Arab yang artinya mendapatkan kebaikan atau menjadi baik. Kalau kita lihat akar katanya, mabrur berasal dari kata barra, yang berarti berbuat baik atau patuh. Dari kata barra ini kita bisa mendapatkan kata birrun dan al-birruu yang artinya kebaikan. Dengan kata lain haji mabrur adalah haji yang akan mendapatkan kebaikan. Sering juga dikatakan sebagai ibadah yang diterima Allah Swt. Dengan demikian, haji mabrur adalah haji yang mendatangkan kebaikan bagi pelakunya atau pelakunya selalu memberi kebaikan kepada orang lain. Jika logika itu dibalik, maka haji yang mardud (tertolak) adalah haji yang tidak mendatangkan kebaikan bagi pelakunya atau pelakunya tidak memberikan kebaikan kepada orang lain.
Jika dipahami secara seksama, kata mabrur memiliki dua makna sekaligus, yaitu menjadi baik dan memberikan kebaikan. Makna itu menegaskan bahwa pelaksana ibadah haji adalah orang yang akan menjadi baik sekaligus selalu memberikan kebaikan kepada orang lain. Dalam hal apakah kebaikan itu harus diwujudkan? Allah berfirman, “Kamu tidak akan mendapatkan kebaikan yang sempurna, sebelum kamu mendermakan sebagian dari hartamu yang kamu cintai.” (Q.s. Ali-Imran [3]: 9). Ayat ini didukung pula oleh ayat yang lain, “Bukanlah menghadapkan wajah kamu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu adalah beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, para nabi, dan memberikan harta yang dicintainya….” (Q.s. Al-Baqarah [2]: 177).
Dua ayat tersebut berbicara tentang kebaikan (al-birr). Kebaikan itu di antaranya dengan memberikan harta yang dicintainya kepada orang lain. Karena kata mabrur seakar dengan kata “birr” sebagaimana disebutkan pada dua ayat itu, maka haji mabrur adalah haji yang pelakunya selalu berbagi kepada orang lain.
Ada cerita menarik di kalangan para sufi tentang haji mabrur ini. Dikisahkan bahwa sepasang suami istri mempunyai niat yang sangat kuat untuk menunaikan ibadah haji. Dengan susah payah pasangan ini mengumpulkan bekal. Karena waktu itu naik haji melalui jalan darat dan jarak yang harus ditempuh adalah ribuan kilometer, maka mereka juga harus membawa bekal yang banyak agar tidak kekurangan.
Di tengah perjalanan mereka menjumpai berbagai hal yang menarik. Termasuk ketika pasangan ini memasuki sebuah kampung yang kehidupan penduduknya sangat miskin dan sedang dilanda kelaparan. Kondisi kampung yang menyedihkan itu menyentuh hati suami istri tersebut. Benak mereka dipenuhi dengan keragu-raguan, akan tegakah mereka membiarkan orang-orang ini mati kelaparan, sedangkan di tangan mereka berdua ada bekal, meskipun untuk perjalanan haji yang sudah amat lama mereka idam-idamkan.
Dalam suasana terenyuh ini terpikir oleh mereka untuk memberikan saja bekal haji yang sedang mereka bawa, lalu mereka pulang. Sampai di rumah ternyata mereka disambut oleh seseorang yang pakaiannya putih bersih. Orang yang belum mereka kenal ini mengucapkan selamat bahwa mereka berdua telah diberkati oleh Allah mendapatkan haji mabrur. Tentu saja pasangan ini menyangkal, karena mereka merasa tidak menunaikan ibadah haji. Namun, orang yang tidak dikenal itu tetap mengucapkan kata selamat kepada pasangan suami istri tersebut atas kemabruran haji mereka. Setelah menyampaikan ucapan selamat, orang asing berpakaian putih bersih itu menghilang. Ternyata, orang asing itu adalah malaikat yang menjelma menjadi manusia.

Makna Filosofis

Dalam tradisi sufi, cerita semacam itu bisa didramatisir, sehingga tidak perlu untuk diuji kebenarannya. Yang penting bagi kita adalah hikmah dan pesan moral yang terkandung di dalam cerita itu. Kita tidak boleh menafsirkan cerita itu secara ekstrem, dengan meninggalkan ibadah haji dan memberikan semua bekal perjalanan yang kita miliki demi kemanusiaan. Jika kita tafsirkan secara lunak dan sederhana, cerita itu memberikan kesan kepada kita bahwa kita dipersilahkan untuk menunaikan ibadah haji sebanyak yang kita mau.
Tapi perlu untuk diingat, frekuensi kita menunaikan ibadah haji harus selalu diikuti dengan kepedulian sosial yang kita berikan kepada saudara-saudara kita. Artinya, ibadah haji harus kita wujudkan ke ruang publik setelah sebelumnya merupakan ruangan privat. Ibadah haji harus mampu kita maknakan dalam konteks sosial yang dinamis, bukan konteks pribadi yang statis dan cenderung hedonis.
Memang, ibadah haji merupakan ibadah ritual yang tata cara pelaksanaannya sudah ditentukan sedemikian rupa. Jika ditelusuri lebih dalam, ibadah haji memberikan pesan yang amat filosofis dan begitu dalam tidak hanya bagi pelakunya, namun bagi orang yang tidak melaksanakannya. Bayangkan saja, setiap tahun kaum Muslimin dari seluruh penjuru dunia berkumpul di satu tempat, berpakaian sama, atau membaca lafadz yang sama.
Pertemuan tahunan itu mengisyaratkan bahwa mereka adalah bersaudara walaupun mereka dipisahkan oleh bahasa, bangsa, dan letak geografis yang berjauhan. Kaum Muslimin tidak sendirian. Mereka mempunyai saudara yang jumlahnya amat banyak. Mereka ibarat satu tubuh dan saling menguatkan. Mereka harus saling mempedulikan bagaimana nasib saudara mereka.
Selain itu, jika pelaksana haji melanggar sebuah larangan, maka mereka harus membayar dam (denda). Membayar dam adalah kewajiban ritual yang harus dipenuhi. Tapi, kemanakah dan kepada siapakah dam itu diserahkan? Tentu kepada saudara-saudara mereka yang tidak seberuntung seperti mereka. Hal itu membuktikan bahwa mereka harus memiliki kepedulian sosial.
Sepulangnya mereka menunaikan ibadah haji dan sesudah mereka tiba di kampung halaman masing-masing, mereka harus mewujudkan nilai-nilai haji itu di tengah-tengah masyarakat. Hal itu menunjukkan bahwa mereka harus menangkap makna filosofis haji itu secara baik. Makna filosofis itu harus menjadi terminal awal bagi perjalanan kehidupan mereka.
Makna filosofis ibadah haji yang dilaksanakan secara baik di tengah-tengah kehidupan masyarakat, membuktikan bahwa pelaksananya memperoleh haji yang mabrur. Haji mabrur tidak hanya menjadikan pelakunya sebagai orang yang baik dari waktu ke waktu, tapi juga komitmen untuk memperhatikan nasib saudara-saudaranya. Itulah sesungguhnya makna haji mabrur. Wallahu a’lam bish-shawab.l
Penulis adalah Sekretaris Majelis Tabligh dan Dakwah Khusus PWM Sumut; dan Staf Edukatif FAI Univ. Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan.
>>Click<< berikut untuk mengetahui reverensi tulisan ini



EDISI MINGGU SEBELUMNYA:


Menu OpenOffice Writer (pengolah kata)

Menu-menu yang terdapat pada menu bar terbagi menjadi beberapa kelompok menu sebagai berikut :

File, berisi menu-menu yang berhubungan dengan operasi file, seperti menyimpan file, wizards, membuka dan menutup file, ekspor file ke PDF, page Preview, print dan lain-lain.

Edit, berisi menu-menu yang berhubungan dengan penyuntingan dokumen, seperti Undo, copy, cut, paste, find dan lain-lain

View, berisi menu-menu yang mengatur tampilan dokumen, seperti Toolbars, ruler dan lain-lain.

Insert, berisi menu-menu yang digunakan untuk menyisipkan objek-objek tertentu, seperti tabel, header, footer, catatan kaki, dan lain-lain.

Format, berisi menu-menu yang digunakan untuk mengatur format dokumen, seperti margin, ukuran kertas, bentuk kolom dan lain-lain

Table, berisi menu-menu yang digunakan untuk mengatur dan menyunting tabel.

Tools, berisi menu-menu yang digunakan untuk mengatifkan perkakas-perkakas tertentu, seperti pemeriksaan ejaan, jumlah kata, mail merge dan lain-lain.

Window, berisi menu-menu yang digunakan untuk mengatifkan fasilitas bantuan

Format file yang didukung oleh OpenOffice Writer

Format file yang didukung oleh OpenOffice Writer adalah :

OpenDocument Text (.odt)
OpenOffice.org 1.0 Text Document (.sxw)
Microsoft Word 97/2000/XP (.doc)
Microsoft Word 95 (.doc)
Microsoft Word 6.0 (.doc)
Microsoft Word 2003 XML (.xml)
Rich Text Format (.rtf)
StarWriter 5.0 (.sdw)
StarWriter 4.0 (.sdw)
StarWriter 3.0 (.sdw)
Text (.txt)
Text Encoded (.txt)
HTML Document (.html)
CLICK berikut untuk BACA LEBIH LANJUT...



lanjutan OPEN OFFICE (Bagian 3)

OpenOffice.org adalah sebuah paket aplikasi perkantoran berkode sumber terbuka (open source) yang dapat diperoleh secara gratis. Paket tersebut termasuk komponen-komponen pengolah kata (word processor), lembar kerja (spreadsheet), presentasi, ilustrasi vektor, dan gudang data (database). OpenOffice.org ditujukan sebagai saingan bagi Microsoft Office dan dapat dijalankan di atas berbagai platform, di antaranya Windows, Solaris, Linux, dan Mac OS X. OpenOffice mendukung standar dokumen terbuka untuk pertukaran data, dan dapat digunakan tanpa biaya.

OpenOffice.org dibuat berdasarkan kode dari StarOffice, sebuah office suite yang dikembangkan oleh StarDivision dan diakuisisi oleh Sun Microsystems pada Agustus 1999.[ by: www.fajarkeren.co.cc ] Kode asal dari suite ini dilepas sebagai proyek sumber terbuka pada Juli 2000, dengan tujuan mendobrak dominasi pasar dari Microsoft Office dengan menyediakan pilihan yang berbiaya rendah, berkualitas tinggi, dan terbuka. Kode asal untuk suite aplikasi ini tersedia dibawah dua lisensi perangkat lunak yang berbeda: LGPL dan SISSl; dari versi 2.0, dia hanya tersedia di bawah LGPL.

Proyek dan perangkat lunak disebut sebagai "OpenOffice", tetapi pengatur proyek melaporkan bahwa istilah ini adalah sebuah merk dagang yang dipegang oleh kelompok lain, sehingga mengharuskan mereka mengambil "OpenOffice.org" sebagai nama resminya, dan juga disingkat.[]


Lidah Buaya: Sembuhkan Bermacam Penyakit Berat

LIDAH buaya (Aloe vera) adalah salah satu tanaman obat yang berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit, dari ringan sampai berat. Tanaman ini sudah digunakan bangsa Samaria sekitar tahun 1875 SM.

Seorang peracik obat-obatan tradisional berkebangsaan Yunani bernama Dioscordes, menyebutkan bahwa lidah buaya dapat mengobati penyakit-penyakit seperti bisul, kulit memar, pecah-pecah, lecet, rambut rontok, wasir, dan radang tenggorokan.

Saat ini lidah buaya dipercaya berkhasiat mengobati maag, tukak lambung, rematik, diabetes, kanker, juga hepatitis. Bahkan ada orang-orang yang sudah merasakan manfaatnya untuk mengatasi stres dan kecanduan.

Di Kalimantan Barat khususnya Pontianak, produk segar maupun olahan dari lidah buaya bisa dijumpai dalam bentuk minuman segar, selai, dodol, sop, rendang, dan manisan.

Ampuhnya lidah buaya tak lain karena tanaman ini memiliki kandungan nutrisi yang cukup bagi tubuh manusia.[by: www.fajarkeren.co.cc ] Sebuah penelitian yang menggunakan pengujian secara proksimat terhadap lidah buaya, menunjukkan bahwa karbohidrat merupakan komponen terbanyak setelah air, yang menyumbangkan sejumlah kalori sebagai sumber tenaga.

Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa unsur utama dari cairan lidah buaya-yang diburu sebagai komoditas bisnis bernilai ekonomis tinggi-adalah aloin, emodin, resin, gum, dan unsur lain seperti minyak atsiri. Selain itu diketahui pula banyak vitamin terkandung di dalamnya seperti vitamin A, B1, B2, B12, C dan E.

Kumpulan enzim antara lain amilase, catalase, cellulase, carbexypeptidase, carpoxyhelclase, bradyknase, memperkaya khasiat lidah buaya yang berfungsi sebagai penyeimbang kerja zat gizi lainnya.

Lidah buaya juga mengandung beberapa asam amino seperti arginin, asparagin, asam aspartiat, serin, glutamin, treonin, isin, urosin, pheniialanin, prelin, histidine, leusin, dan isoleusin, yang diketahui berfungsi sebagai pembangun sel-sel dan jaringan tubuh. Terdapat pula sekumpulan mineral makro dan mikro yaitu kalsium, magnesium, polassium, sodium, besi, seng, dan kromonium yang memang diperlukan tubuh.

Guna mendapatkan asupan lidah buaya secara massal dalam bentuk olahan, industri farmasi telah meramunya sebagai bahan antibiotik. Bagi industri kosmetika, lidah buaya dipakai untuk bahan produk-produk krim cukur, pelindung matahari, pelembab kulit, pembersih muka, penyegar, masker, lipstik, deodoran, dan hair conditioner. (Fujio L Panggabean STP, Peneliti dan pemerhati tanaman obat di Pontianak)


EDISI MINGGU SEBELUMNYA:


OPEN OFFICE (Bagian 2)


Perangkat Lunak Word Processor (selanjutnya disebut pengolah kata) adalah suatu program yang mengolah dokumen berisi teks dan gambar yang memiliki banyak keistimewaan dan sangat profesional dibanding dengan program teks yang sudah ada. Perangkat Lunak pengolah kata dengan platform windows yang open source yang banyak digunakan saat ini adalah Text Document platform Windows dan StarOffice dengan platform Linux
CLICK berikut untuk BACA LEBIH LANJUT...


Matematika Ekonomi


Matematika ekonomi adalah untuk mempelajari perhitungan matematika yang diaplikasikan pada ilmu ekonomi.
Ilmu Matematika merupakan alat untuk menganilisis ilmu ekonomi dan bisnis.
Diharapkan setelah mempelajari Matematika Ekonomi, mudah untuk mempelajari mata kuliah lain yang berhubungan, seperti Teori Ekonomi Mikro dan Makro, Ekonomi Manajerial, Manajemen Keuangan, Operation Reseach dan Mata Kuliah lainnya yang menggunakan perhitungan matematis.
CLICK berikut untuk BACA LEBIH LANJUT...


Atasi Luka Bakar Dengan Madu

Manfaat madu bagi kesehatan memang tak diragukan lagi. Berbagai penyakit bisa diatasi dengan madu. Termasuk luka bakar. Madu disebut-sebut dapat menyembuhkan luka bakar lebih cepat dari obat yang lain.

Luka bakar termasuk jenis luka yang parah dan sulit isembuhkan. belum lagi bekas luka bakar biasanya kan terus ada dan sulit hilang.

Menurut Dr Andrew Jull dari Klinik Universitas Auckland, New Zealand mengatakan bahwa, madu bisa menjadi obat tradisional yang baik untuk mengatasi luka bakar.

Sebuah penelitian dilakukan terhadap 2.554 pasien dengan derita luka bakar yang berbeda-beda. Dalam penelitian tersebut, luka yang diolesi dengan madu adalah yang tercatat paling cepat mengalami kemajuan dan kesembuhan. Demikian kutip detikhot dari health24, Jumat (24/10/2008).

Madu memiliki kemampuan untuk memperbaharui sel-sel yang rusak atau mati pada kulit. Madu juga dapat merangsang tumbuhnya sel-sel yang baru. [by: www.fajarkeren.co.cc ]Selain itu madu juga berfungsi sebagai obat antibakteri.

Hingga kini, para peneliti di bidang kesehatan masih akan terus mencari fungsi madu yang lain bagi tubuh.[]


Mengatasi Kejenuhan

“Work is either fun or drudgery. It depends on your attitude. I like fun. – Bekerja tidak menyenangkan, tidak juga terlampau berat. Semua itu tergantung pada sikap Anda. Saya suka bekerja menyenangkan.”
Colleen C. Barrett

Setiap hari kita menghabiskan banyak waktu untuk bekerja, entah di kantor, pasar, sawah, lapangan atau di manapun kita berada. Seorang karyawan misalnya, rata-rata ia akan menghabiskan waktu 8 jam setiap hari.Delapan jam adalah waktu yang sangat panjang dan melelahkan bila kita tidak menikmati pekerjaan, tidak bersemangat, sedih, lesu, dan mengantuk. Seandainya dipaksakan pun hanya akan membuang waktu dan tenaga, karena hasilnya tidak akan maksimal.

Jenuh dan tidak menikmati pekerjaan adalah hal yang lumrah dalam kehidupan manusia. Tetapi kita harus pandai menyiasati agar hal tersebut tidak berlarut-larut dan menghambat produktivitas kita. Ada 7 kiat agar kita dapat menikmati pekerjaan dan mudah mengatasi kejenuhan, untuk mendapatkan hasil pekerjaan yang optimal.

Langkah pertama sebelum memulai bekerja adalah mencintai pekerjaan kita terlebih dahulu. Bermacam faktor dapat memicu kejenuhan, sehingga kita tidak dapat menikmati pekerjaan. Tetapi bila kita mencintai pekerjaan yang sedang kita tekuni, maka kita akan merasa lebih berarti, karena pada dasarnya setiap orang di dunia ini memiliki peran dan sama-sama penting.

Mencintai pekerjaan juga akan mendorong semangat kita untuk bekerja dengan penuh tangung jawab. Mengutip kata-kata seorang guru etos kerja Indonesia, Jansen Sinamo, “Kerja adalah amanah, Anda harus bekerja dengan benar dan penuh tanggung jawab.” Bertanggung jawab dalam arti melakukan apa yang terbaik seringkali berdampak nyata terhadap peningkatan kualitas hasil pekerjaan sekaligus semangat kerja kita.

Realitas kehidupan kerja juga tidak lepas dari berbagai macam hambatan, entah dalam bentuk persaingan atau sabotase, kurangnya fasilitas dan modal, tekanan dari atasan dan lain sebagainya. Tak jarang hambatan atau dalam bahasa positif disebut dengan ‘tantangan’ menjadikan kita tidak menikmati pekerjaan. Tetapi jangan pernah sekalipun membiarkan tantangan dalam pekerjaan menghambat kinerja kita.

Langkah yang dapat kita tempuh dalam menghadapi tantangan adalah berpikir positif. Dengan berpikir positif, kita akan melihat tantangan sebagai jalan untuk meningkatkan kualitas diri kita.[by: www.fajarkeren.co.cc ] Pepatah bijak dari Jepang sebagaimana dikutip dalam The Prentice Hall Encyclopedia of World Proverb menyebutkan, “Adversity is the foundation of virtue – Tantangan adalah dasar dari kebaikan. ” Artinya, kita akan dapat menjaga semangat kerja tetap tinggi dan menikmati pekerjaan dengan selalu berpikir positif.

Selain itu, kenikmatan dalam menjalankan pekerjaan di antaranya dipacu oleh kemampuan yang kita miliki. Bila pekerjaan menuntut tingkat kemampuan tertentu, sementara kemampuan kita sendiri terbatas akan sangat mudah memicu suasana kerja yang menjemukan atau tidak menyenangkan. Alangkah baiknya jika kita selalu meningkatkan kemampuan, mengasah keahlian dan mengisi pikiran dengan informasi atau ilmu pengetahuan terbaru.


Anda sering STRES ?
Langkah Menangani Stres dengan Tepat

Setiap manusia mengalami stres setiap saat dalam kehidupannya. Stres terjadi ketika ada standar atau harapan tertentu yang tidak bisa kita penuhi. Dalam situasi krisis multidimensi yang berkepanjangan di negara kita saat ini tentulah banyak dari kita mengalami berbagai masalah dan tekanan yang menimbulkan gejala stres yang jika tidak dapat kita atasi akan menghambat kita untuk mencapai hal-hal terbaik dalam hidup ini.
Stres bukanlah hal yang asing bagi kita karena kita mengalaminya setiap saat dan kita hidup bersamanya. Stres sesungguhnya memberi kita ruang untuk bergerak maju jika kita dapat dengan tepat menanganinya. Berikut adalah artikel yang merupakan cuplikan dari buku kami yang berjudul Create Your Own Cheese: 8 Langkah Kreatif Mengendalikan Perubahan Dalam Kehidupan Anda yang akan segera diterbitkan oleh Elexmedia Komputindo - Kelompok Gramedia pada akhir Oktober ini.
Stres merupakan gejala psikis yang disebabkan oleh meningkatnya tekanan terhadap otot tubuh, emosi, waktu, dan perhatian. Stres identik dengan perubahan. Jika perubahan senantiasa terjadi setiap saat pula kita mengalami stres. Setiap waktu kita mengalami stres dengan kadar yang berbeda.
Stres dapat pula terjadi ketika ada perubahan yang hampir tidak terasa, seperti suasana kantor yang berubah atau sikap pasangan kita yang lain dari biasanya. Manusia mengalami stres tatkala tuntutan dan tekanan hidup meningkat, tekanan atas pekerjaan dan masalah rumah tangga, dan tidak tercapainya harapan yang berlebihan (keinginan yang tidak terpenuhi), masalah hubungan dengan sesama, masalah keuangan dan sebagainya.
Risiko munculnya stres juga terjadi pada peristiwa perubahan kehidupan (life-changing events) yang drastis, seperti perceraian, kehilangan pekerjaan, atau meninggalnya orang yang kita cintai. Oleh karena itu, berbicara tentang perubahan tidak dapat terlepas dari pentingnya memahami dan mengendalikan stres. Secara mudah dapat dikatakan bahwa setiap perubahan atau tekanan terhadap diri kita dapat mengakibatkan stres.
Persoalannya adalah bagaimana kita memiliki kemampuan untuk mengendalikan gejala stres dalam setiap aspek kehidupan kita. Perubahan akan senantiasa kita alami karena hidup adalah dinamis. Demikian juga stres. Stres akan senantiasa menjadi bagian kehidupan kita sehari-hari. Stres bukan hal yang buruk jika kita dapat memahami dan mengendalikannya.
Kadang kala stres dalam batas tertentu dapat memberikan rasa nikmat karena tubuh kita mengalami stimulasi. Namun, jika tekanan tersebut menjadi berlebihan, terlalu sering dan berkepanjangan, stres dapat menjadi pengganggu kesehatan yang sangat berbahaya. Sebenarnya stres merupakan cara alami tubuh untuk bereaksi secara fisik dan emosional terhadap setiap perubahan dalam ”status quo” kehidupan kita.
Beberapa gejala fisik yang disebabkan oleh stres antara lain meningkatnya denyut jantung, pernafasan menjadi cepat dan tidak teratur, otot-otot menegang, dan tekanan darah naik. Reaksi emosional yang timbul antara lain mudah tersinggung, marah, kehilangan kendali emosi, suka berteriak, kurang konsentrasi, dan emosi senantiasa berubah-ubah.
Stres dapat menyebabkan gangguan kesehatan, seperti susah tidur (insomnia), sakit kepala, tekanan darah tinggi, gangguan pada sistem pencernaan (misal sakit maag), penyakit jantung, dan gangguan kesehatan jiwa seperti depresi dan ketakutan yang berlebihan, serta menurunnya sistem kekebalan tubuh.
Dalam bukunya Self-Care: Your Family Guide to Symptoms and How to Treat Them (1996), Don R. Powell, Ph.D., menyarankan beberapa teknik dan strategi untuk mengatasi stres secara efektif, sebagai berikut:

1. Kehidupan yang seimbang. Disiplinkan diri kita dengan program pola makan dan makanan yang sehat dan seimbang. Terlalu banyak gula, garam, dan kopi dapat membuat stres lebih buruk.
Bila kita sering mengkonsumsi 3 hal di atas, tingkat gula dalam darah akan terpengaruh dan bisa membuat kita menjadi malas dan lemah. Gantilah konsumsi makanan tersebut dengan mengkonsumsi lebih banyak buah segar dan sayuran. Hindari kebiasaan buruk seperti merokok, meminum minuman keras, dan narkoba.
Sayangnya, justru kebiasaan yang harus dihindari inilah yang sering dipakai orang untuk melarikan diri dari stres. Akibatnya jelas, yaitu justru akan semakin meningkatkan gejala stres yang akan memperburuk keseimbangan tubuhnya.
Pada dasarnya stres menyebabkan perubahan dalam tubuh fisik kita, sehingga dengan menerapkan prinsip keseimbangan sesungguhnya kita mengembalikan kestabilan kondisi fisik tubuh kita dan dengan demikian akan mengurangi akibat negatif stres, meskipun kita belum sepenuhnya mengatasi akar persoalannya.
Kita dapat memilih mengurangi akibat stres secara alamiah bukan dengan obat-obatan atau zat-zat kimia yang justru semakin memperparah keadaan fisik kita.

2. Olahraga secara teratur Kita akan sangat kesulitan mengatasi hidup yang penuh dengan stres jika kita sendiri tidak sehat. Jika kita sehat secara fisik, kita dapat lebih tangguh dan bersemangat dalam menghadapi stres. Kita bisa berolah raga tanpa harus mengeluarkan waktu dan biaya besar.
Misalnya dengan berjalan-jalan di pagi hari, latihan pernafasan atau ayunan tangan (Baca Bab 15 pada buku 12 Langkah Manajemen Diri: Self Management). Olahraga yang diikuti dengan latihan pernafasan atau relaksasi selain dapat meningkatkan kebugaran tubuh juga dapat meningkatkan ketenangan emosi.

3. Relaksasi. Relaksasi terbagi atas dua bagian, yaitu relaksasi secara fisik untuk melemaskan kembali otot tubuh yang tegang dan keras, dan relaksasi secara mental untuk menurunkan frekuensi gelombang otak. Kita harus tahu cara mengendurkan ketegangan otot ini sedikit demi sedikit.
Salah satu caranya adalah streching (meregangkan otot) untuk membantu melemaskan otot-otot yang kejang. Usahakan Anda secara teratur melatih bagian lengan berputar pada bahu dan kaki berputar pada pergelangan kaki. Selain itu, mandi atau berendam dengan air hangat dapat mengendurkan dan melegakan syaraf serta melemaskan otot-otot yang tegang. Relaksasi secara mental dapat Anda lakukan dengan menyeimbangkan antara kerja dan bermain. Lakukan hobi atau apa saja yang anda senangi, karena kegiatan ini dapat membuat pikiran anda rileks.
Untuk meredakan ketegangan mental, anda bisa melakukan banyak hal, misalnya berlibur ke puncak gunung, pedesaan atau di pantai, berjalan-jalan dengan keluarga di mall atau kebun binatang, nonton bioskop, membaca buku ringan, mengunjungi museum, atau sekadar mengendarai mobil keliling kota. Cara keluar sebentar dari persoalan dapat memberikan sikap dan wawasan baru terhadap persoalan yang anda hadapi.
Jika kita sudah menguasai teknik-teknik relaksasi (misalnya, teknik membangun tempat kedamaian, visualisasi pemandangan yang indah, damai dan menyejukkan), kita dapat lebih mudah melakukan relaksasi kapan saja dan di mana saja. Anda dapat merujuk Bab 20 dan Bab 23 pada buku 12 Langkah Manajemen Diri: Self Management.

4. Sikap Stres dapat tumbuh dan berkembang karena kita selalu berpikir negatif. Ubahlah pikiran-pikiran negatif ini dan berpikirlah secara rasional dalam menghadapi seseorang. Pikiran negatif biasanya didasari oleh asumsi-asumsi yang tidak rasional dan rasa takut yang berlebihan.
Sikap paling penting dalam menghadapi perubahan dan stres adalah menerimanya sebagai bagian dari proses kehidupan kita. Adalah baik kalau kita selalu mengembangkan dan memelihara sikap positif ini. Pandanglah perubahan atau krisis yang sedang terjadi pada kita sebagai suatu tantangan positif, peluang, bahkan hikmah dari Tuhan meskipun kadang kala masalah itu berada jauh di luar kendali kita.
Ketika hal tersebut terjadi, terimalah sebagai suatu ujian dan berserah kepada Tuhan. Sikap ini akan jauh lebih baik dibanding kalau kita terus menerus khawatir dan kita tidak bisa berbuat apa-apa. Jika perlu menangislah. Airmata kesedihan dan penderitaan dapat membantu membersihkan tubuh kita dari berbagai zat yang ter-akumulasi akibat stres, dan airmata dapat pula melepaskan zat alami dari otak yang dapat mengurangi rasa sakit.
Sebaliknya, kita dapat pula menertawakan masalah atau krisis yang kita alami. Kembangkan rasa humor karena tertawa dapat membuat otot-otot tubuh menjadi kendor dan lemas. Kalau kita selalu tersenyum dan tertawa, tentunya kita akan sulit untuk menjadi stres.[by: www.fajarkeren.co.cc ] Belajarlah tertawa sebagai salah satu teknik relaksasi.

5. Keluar Dari Masalah Anda. Cara lain yang merupakan penangkal efektif terhadap stres adalah melibatkan diri dengan aktivitas di luar rumah atau kantor. Kalau anda berminat menjadi anggota suatu klub, cepatlah bergabung. Anda juga bisa menjadi relawan di organisasi nonprofit atau kegiatan sosial lainnya agar kita mempunyai keseimbangan perasaan dalam hidup.
Selain dengan melakukan kegiatan di luar, anda dapat berbagi masalah yang anda hadapi dengan teman terutama pada seseorang yang peduli dengan anda. Anda harus berusaha mengekspresikan masalah Anda. Berbagi hal-hal penyebab stres dapat membantu Anda mengurangi beban persoalan dan mendapatkan jalan keluar yang lebih tepat. Jangan membiarkan masalah-masalah tersebut mengitari hidup Anda, karena dapat membuat keadaan semakin buruk.
Selain itu, jika kita sedang stres, kadang-kadang kita terlalu memusatkan perhatian pada diri kita sendiri. Padahal sebenarnya kita dapat memperoleh obat yang sempurna untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan apa yang mengganggu pikiran kita dengan misalnya menolong orang lain atau peduli pada orang lain yang mungkin lebih menderita dari kita.
Keluar dari persoalan atau stres yang sedang kita hadapi dapat pula kita lakukan dengan memodifikasi lingkungan kita. Hindari atau singkirkan hal-hal, barang-barang, atau pemandangan yang dapat memunculkan kembali stres.

6. Manjakanlah diri Anda sendiri. Ketika dilanda stres, kita justru perlu untuk memanjakan diri sendiri. Misalnya dengan makan makanan favorit, membeli barang yang sudah lama Anda impikan, memanjakan diri dengan hal-hal yang membuat anda merasa senang, menelepon teman lama, bahkan sekadar mandi berlama-lama. Belajarlah untuk menyenangkan diri sendiri selama masih merasakan stres. Dengan memanjakan diri sendiri, pikiran tentang apa yang menyebabkan Anda stres dapat berkurang.

7. Buatlah prioritas. Seringkali stres diakibatkan oleh menumpuknya pekerjaan dan kewajiban yang sepertinya di luar kemampuan kita untuk menyelesaikannya. Buatlah daftar ”Apa yang Harus Dikerjakan” (a ”to do” list). Kemudian susunlah berdasarkan prioritas (atau urutan ”urgency” dan ”importance”) seluruh tugas-tugas Anda yang harus segera diselesaikan.
Hindari komitmen untuk menyelesaikan semuanya. Lakukan satu per satu berdasarkan prioritas, jika perlu tunda atau batalkan tugas yang memang Anda tidak sanggup menyelesaikannya. Dengan mengenali gejala, akibat, dan cara-cara menanggulangi tekanan atau stres akibat suatu perubahan, persoalan, maupun krisis yang kita hadapi, kita dapat lebih mudah mengatasi dan bahkan menikmati perubahan atau krisis tersebut.
Stres merupakan sesuatu yang sepenuhnya dapat kita kendalikan, jika kita memang sungguh-sungguh ingin mengatasinya. Setelah kita mampu mengendalikan stres, langkah berikutnya adalah bagaimana kita secara kreatif mampu menciptakan realitas baru yang benar-benar kita inginkan dari setiap persoalan, perubahan, dan krisis yang sedang terjadi.[]


PUTUS CINTA ? Pria yang Lebih Merana

Walau wanita menangis tersedu-sedu sedangkan pria hanya diam, bukan berarti kaum adam ini kuat menghadapi putus cinta. Malah menurut sebuah penelitian, pria selalu lebih cengeng ketimbang wanita.

Beberapa penelitian membuktikan tingkat depresi, stress, dan kecemasan pria lebih parah ketimbang wanita pasca putus cinta. Dilansir yahoo, Jumat (20/4/2007), hal ini kemungkinan disebabkan karena karakteristik sifat pria. Simak penjelasannya:

Pria Kerap Menutupi Sakit Hatinya

Hey, masa seorang pria nangis. Mungkin begitulah yang terlintas di benak pria. Pelampiasannya paling pergi bersama beberapa teman pria dan berakhir mabuk-mabukan. Intinya, pria kadang enggan menunjukkan perasaan sedihnya ketika putus dengan sang kekasih. Ia merasa harus selalu tampak tegar.

Sedangkan wanita kebanyakan langsung menangis atau curhat pada sahabat begitu cintanya diputus. Begitu juga ketika memutuskan cinta, wanita biasanya berbicara apa adanya dan langsung mengeluarkan apa isi hatinya. Intinya, wanita berani menghadapi rasa sedihnya sedangkan pria banyak menahan reaksi atau perasaannya. Alhasil, semuanya menumpuk dan sulit dibuang.

Pria Tidak Punya Banyak Teman

Begitu mengalami patah hati, hampir seluruh wanita langsung mengungkapkan isi hati atau bercerita kepada teman terdekatnya. [by: www.fajarkeren.co.cc ] Teman tersebut bisa saja ibu, sahabat, tetangga, teman kantor, atau bahkan supir taksi yang dinaikinya setelah meninggalkan sang pacar. Penelitian membuktikan pria kerap menggantungkan kedekatan emosionalnya pada sang pacar. Sedangkan wanita punya sejuta tempat selain sang kekasih.

Pria lebih sering memendam perasaannya dan berusaha meyakinkan dirinya sendiri kalau ia baik-baik saja. Setidaknya baru enam bulan kemudian pria tersebut menyadari dan berani mengungkapkan pada teman-teman dekatnya kalau ia ingin kembali pada sang kekasih.

Pria Benci Awal yang Baru

Begitu putus, pria umumnya merasakan sedikit kegembiran. Bisa berkencan dan menggoda banyak wanita. Berburu kekasih baru dan lain-lain. Tapi setelah kencan pertama, kedua, dan ketiga, akhirnya rasa jenuh pun melanda. Ia pun menyadari masih panjang jalannya untuk menemukan kenyamanan yang sama seperti pada kekasihnya dulu.

Menurut penelitian, secara mental umumnya wanita lebih siap menghadapi putus cinta sedangkan pria jarang berpikir hubungan akan berakhir. Dan umumnya, pria baru menyadari betapa berharga mantan kekasihnya dan betapa ia kehilangan dirinya setelah berbulan-bulan putus cinta. Hasilnya, sang wanita sudah jauh memulihkan diri dan semuanya sudah terlambat.

Pria Berpatok Pada Khayalan

Putus cinta juga kerap disebabkan karena pria merasa bosan dengan kekasihnya, kencan yang sama, pertengkaran yang sama, dan hal-hal lain yang lama-lama membuatnya jenuh. Begitu putus, ia berpikir akan langsung bertemu dan berkencan dengan banyak wanita. Walau mimpi tersebut benar-benar terjadi diam-diam ia merasa kehilangan keintiman dan kenyamanan yang sebelumnya ia dapat dari sang mantan pacar.

Penelitian membuktikan, wanita umumnya lebih cepat menyadari kalau fondasi dari hubungan yang awet adalah keintiman. Sedangkan pria umumnya lebih memikirkan seks sehingga akhirnya mereka salah orientasi.[]


EDISI MINGGU LALU:

Mengenal L I N U X


Tahukah anda, bahwa Linux itu adalah mahluk yang dapat hidup di dua alam? yang pertama adalah alam "Text" dan yang kedua adalah alam "Grafik/GUI".
Linux zaman sekarang telah banyak "ber-evolusi", keberadaannya sekarang telah membuktikan bahwa Linux adalah mahluk yang paling dapat beradaptasi. Pada zaman dahulu kala, Linux itu adalah mahluk yang hanya hidup di alam text saja, dan hanya orang tertentu saja yang dapat memelihara Linux, mereka adalah kaum Wizard dan para Hacker. Yang hanya bermodalkan gcc, bash, emacs, dan tool-tool lain dari GNU, Linux pun lahir kedunia yang fana ini, sangat liar dan hanya dapat dikuasai oleh orang-orang tertentu saja.
Tapi sekarang, KDE pun muncul dalam Linux, juga Gnome, BlackBox, Enlightenment, IceWM, XFCE, WindowMaker dan lingkungan desktop yang lain yang memiliki keindahan dan kemudahan tersendiri bagi pemakainya yang masih dikatakan awam.
Namun tak bisa dipungkiri lagi, kekuatan Linux masih berada dialam text atau konsole atau tty atau terminal, dimana setiap penggunanya selalu mengetikan mantra-mantranya lewat kombinasi perintah-perintah dan script-script atau berupa kode-kode yang menjadikan Linux bisa melakukan banyak hal hanya dalam satu eksekusi.
Bagi pengguna yang baru mengenal Linux, masih bisa dimaklumi bahwa penggunaan grafik dalam Linux adalah hal yang menyenangkan selain penggunaannya yang mudah juga sangat flexsibel, semuanya bisa diatur sesuai dengan selera pengguna. Setiap pengembang-pengembang Linux berupaya memperkenalkan kepada pengguna yang masih berada dalam candu Microsoft untuk bisa mengenal Linux lebih jauh lagi dengan menunjukan bahwa Linux itu mudah, tinggal klik sini klik sana maka semua selesai, tidak berbeda jauh dengan kebiasaan mereka ketika mereka masih hidup di alam Microsoft yang indah dan serba mudah, namun dalam kesehariannya mereka tak pernah lepas dari berbagai masalah.
Linux itu sangat powerfull. Bagi pengguna expert atau Linux Wizard atau para Hacker Linux, mode text selalu menjadi pilihan utama mereka dalam melakukan pekerjaan sehari-hari. Mereka menyusun mantra-mantra ajaib dalam terminal mereka, mereka hanya melakukan satu kali eksekusi untuk menyelesaikan beberapa masalah yang mereka hadapi. Perintah-perintah Linux yang mereka susun bukanlah perintah sembarangan, beberapa kali ketik sekali enter, maka komputer sasaran pun akan "meledak". Keunggulan Linux yang berupa kombinasi perintah-perintah tersebut, telah dimanfaatkan oleh para hacker-hacker legendaris dunia semenjak dahulu kala jauh sebelum Linux itu lahir, yaitu sejak jamannya UNIX-Time sharing, nenek moyangnya Linux di tahun 70-an dan tahun 80-an.
Kita sekarangpun bisa bergaya seperti mereka, berpura-pura jadi expert atau menjadi sang ahli dengan membiasakan diri berada di alam kegelapan, yaitu dengan meninggalkan mode grafik dan mulai menggunakan mode text yang indah, tekan "ctrl+alt+F1" maka kita akan berada pada zaman tahun 70-an, dimana semua legendaris komputer dunia mengalami masa-masa kejayaannya dengan menjadi raja dialam jaringan dunia maya.
Grafik/GUI dalam Linux pun tidak menjadi masalah, selagi kita selalu menggunakan xterm (terminal) atau konsole (KDE) atau rxvt atau apapun itu namanya guna membiasakan diri tetap hidup dialam text. Biar terlihat keren, gunakan Blackbox atau Fluxbox atau WindowMaker atau Enlightenment, jangan gunakan KDE atau Gnome. Biar terlihat indah, gunakan "wterm -tr -sh -fg white -bg red -sl 1500 -fn lucida10" sebagai terminal mainan anda, dalam WindowMaker atau pun Blackbox. Biasakan diri menggunakan "vi" atau Emacs sebagai editor anda sehari-hari, jangan menggunakan "Edit+", itu tidak cool. Hafalkan perintah-perintah Linux, system call juga bahasa pemrograman yang sangat powerfull seperti C, Perl, Shell Scripting, Java, Python dan lain-lain. Berlatihlah menggunakan Stream Editor seperti sed atau ed atau awk, dengan stream editor kita dapat mengedit file tanpa harus membuka file tersebut. perhatikan perintah dibawah ini:
[root@linux]#for data in `find /var -type f`; do cat $data | sed 's/192.168.1.130/\
>192.168.1.150/g' > $data.bak ; mv $data.bak $data ; done
perintah ini akan mencari semua file-file reguler dalam folder /var, dan jika file tersebut mengandung no IP address 192.168.1.130 didalamnya maka akan dirubah menjadi 192.168.1.150. Ini digunakan untuk menghilangkan jejak dari para hacker yang telah masuk kedalam sistem komputer sasaran.
(Tidak ada yang ajaib dari perintah diatas, ini dikarenakan penulis sendiri masih muda dalam urusan pengalaman)
Begitu mudahnya melakukan banyak hal hanya dalam satu eksekusi. Perintah diatas menginstruksikan untuk mencari file-file dalam folder /var yang mungkin jumlahnya sampai ratusan atau bahkan ribuan file, dan kemudian merubah string yang ada dalam file-file yang telah ditemukan tanpa kita harus membuka file tersebut satu persatu, jika file itu jumlahnya mencapai ratusan file atau bahkan ribuan, bayangkan jika kita harus mengeditnya satu persatu hanya untuk merubah file log kita didalam sistem, dikarenakan rasa takut kita akan tertangkap basah oleh sang administrator.
Linux mempermudah semuanya. Jika kita pandai mencari sumber-sumber pengetahuan diinternet mengenai Linux, maka kita lambat laun akan menguasainya, dan menjadikan linux sebagai senjata kita dalam menghadapi persaingan di dunia teknologi informasi yang semakin memanas di tanah air kita dan di seluruh dunia, kenapa? karena kita telah menguasai tool-tool yang menjadi andalan para hacker-hacker dunia yang telah menjadi legenda selama beberapa dekade di alam digital.
Kesulitan dalam menggunakan Linux adalah awal mula proses pembelajaran kita dalam menguasai apa yang menjadi sejarah besar didunia teknologi informasi, yaitu sistem operasi GNU/Linux. Jadi jangan pernah menyerah dalam mencari tahu, karena hacker itu adalah orang yang penuh dengan rasa ingin tahu dan ingin belajar, tanpa perduli dengan apa yang akan terjadi akibat dari rasa ingin tahunya itu dan tidak perduli dengan lingkungan sekitar.[by: www.fajarkeren.co.cc] Jadi tidak usah malu-malu untuk mencari tahu, justru sebaliknya, kita harus merasa bangga, karena kita sedang mempelajari apa yang sedang menjadi topik hangat didunia teknologi informasi saat ini, terutama yang berhubungan dengan keamanan, stabilitas dan juga kemampuan.
Jadi intinya adalah, kita belajar Linux adalah tidak untuk mempersulit diri sendiri, tetapi kita sedang melakukan perbaikan kita dalam mempelajari logika-logika dalam dunia komputer pada umumnya. Dengan mengenal Linux kita jadi tahu bahwa suatu program bisa berjalan karena ada kernel, kita juga bisa tahu apa yang membuat sistem operasi berjalan, kita tahu analogi-analogi pemrograman dan juga konsep-konsep dasarnya. Karena "Linux diciptakan hacker untuk hacker".{}



Sekilas L I N U X

Pada mulanya Linux adalah nama kernel atau jantung sistem operasi komputer yang dibuat pertama kali oleh Linus Torvalds pada 1991. Linus mengizinkan siapa saja untuk menggunakan, mempelajari cara kerjanya, dan mendistribusikan Linux, dengan lisensi GNU GPL (General Public License) atau lebih terkenal dengan istilah Free Software.
Saat ini, nama Linux tidak hanya digunakan untuk menyebut kernel, namun juga sistem operasi yang lengkap. Bahkan Linux juga digunakan untuk menyebut distribusi (gabungan sistem operasi dan berbagai aplikasi) atau distro Linux. Contoh distro Linux urut abjad: BlankOn, CentOS, Debian, Fedora, Gentoo, Mandriva, Mint, Nusantara, openSUSE, RedHat, Slackware, Ubuntu, Xandros, dan lain-lain.
Richard Stallman, pendiri Yayasan Free Software, mengusulkan penulisan sistem operasi Linux adalah GNU/Linux atau GNU-Linux, karena sistem operasi Linux berisi kernel Linux dan beberapa program dari projek GNU. Ada yang tidak setuju dengan Stallman, karena ada program pada sistem operasi Linux yang bukan dari projek GNU.
Open Source adalah istilah untuk software yang source code-nya (kode programnya) disediakan oleh pengembangnya untuk umum (terbuka) agar dapat dipelajari cara kerjanya, diubah atau dikembangkan lebih lanjut, dan disebarluaskan. Jika pembuat program melarang orang lain untuk mengubah dan atau menyebarluaskan program buatannya, maka program itu bukan Open Source, meskipun tersedia kode programnya.
Open Source merupakan salah satu syarat free software. [by: www.fajarkeren.co.cc]Free Software pasti Open Source Software, namun Open Source Software belum tentu Free Software. Contoh Free Software adalah Linux. [By: www.fajarkeren.co.cc] Contoh Open Source Software adalah FreeBSD. Linux yang berlisensi Free Software tidak dapat diubah menjadi berlisensi tidak Free Software, sedangkan FreeBSD yang berlisensi Open Source Software BSD-like dapat diubah menjadi tidak Open Source. FreeBSD (Open Source) merupakan salah satu dasar untuk membuat Mac OSX (tidak Open Source). www.opensource.org/licenses memuat jenis-jenis lisensi Open Source.

SEKILAS TENTANG OPEN OFFICE

Sejarah OpenOffice.org dimulai dari StartOffice. Mungkin anda pernah mendengar sebelumnya tentang StartOffice, aplikasi ini merupakan office suite berbayar yang dikembangkan oleh Sun Microsystem.[by: www.fajarkeren.co.cc] Kemudian Sun Microsystem menyumbang kode program StartOffice kepada komunitas open source. Sejak saat itu mulailah dikembangkan office suite berbasis OpenSource yang diberi nama OpenOffice.org dan Sun menjadi sebagai sponsor utama untuk pengembangan aplikasi tersebut. Sampai saat ini sedang dikembangkan OpenOffice.org versi 3.0, untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi situs resminya.
OpenOffice.org adalah aplikasi office suite yang dapat dijalankan di berbagai platforms, baik itu Windows, Linux, Mac dan sebagainya. OpenOffice.org sendiri menyertakan 6 aplikasinya antara lain sebagai berikut :
1.OpenOffice.org Word Processor
2.OpenOffice.org Calc
3.OpenOffice.org Impress
4.OpenOffice.org Draw
5.OpenOffice.org Base
6.OpenOffice.org Math
Berikut sekilas penjelasan mengenai aplikasi tersebut.
OpenOffice.org Word Processor (Writer)
Aplikasi ini berfungsi sebagai program pengolah kata pengganti MS word
OpenOffice.org Calc
Aplikasi ini berfungsi sebagai program spreadsheet pengganti MS Excel
OpenOffice.org Impress
Aplikasi ini berfungsi sebagai program presentasi pengganti MS Power Point
OpenOffice.org Base
Aplikasi ini berfungsi sebagai program pembuat database MS Access
OpenOffice.org Draw
Aplikasi ini berfungsi sebagai program menggambar vektor pengganti Corel Draw



Sering merasa LELAH ??
Kiat Menjaga Stamina Tubuh

Pekerjaan satu belum selesai, eh bos sudah menambahi dengan setumpuk pekerjaan baru. Apa boleh buat, ritme kerja mesti dipercepat dan bekerja sampai larut malam atau lembur di hari libur tak bisa dielakkan. Ngedumel di belakang bos, jelas tidak membantu apa-apa.

Yang perlu dilakuan wanita karir adalah menjaga stamina tetap prima agar konsentrasi kerja tidak terganggu oleh rasa letih dan lelah. Mungkin Anda merasa bisa memacu tubuh Anda mungkin merasa bisa memacu tubuh Anda bekerja sampai batas maksimal. Padahal tubuh juga butuh beristirahat. Jika Anda tidak memberikannya, tubuh akan menagih dan anda harus mendekam di tempat tidur karena sakit yang diakibatkan kecapaian selama beberapa hari.

Stamina prima menjadi kaharusan bagi orang-orang bekerja atau memiliki kesibukan rutin di luar rumah.[by: www.fajarkeren.co.cc] Stamina prima ini tidak datang secara otomatis, tapi harus diupayakan dengan berbagai cara.

Kunci utamanya adalah mempraktikkan pola hidup sehat. Suatu slogan yang sangat sering didengungkan tapi jarang dipraktikkan. Apakah karena sulit dilakukan? Stamina yang baik akan tergantung pada tekad dan kemauan Anda untuk tetap tampil fit.

Beberapa poin pola hidup sehat yang dapat memperkokoh stamina Anda mulai dari Asupan gizi seimbang, Suplemen, Bugarkan badan dengan gerak badan, dan Selalulah positive thinking.

Untuk Asupan gizi seimbang, menu makanan harian hendaknya memenuhi kriteria empat sehat dan lima sempurna. Kebutuhan zat gizi penting (karbohidrat, protein, vitamin dan mineral) wajib terpenuhi karena dibutuhkan oleh tubuh. Takaran porsi dan pilihan zat gizi prioritas perlu disesuaikan dengan berat ringan aktivitas serta kondisi tubuh Anda. Pekerja kantoran tentu tidak perlu menyantap karbohidrat sebanyak orang yang bekerja di bawah terik sinar matahari. Lagi pula terlalu makan karbohidrat akan mengundang kantuk. Ritme kerja bakal terganggu.

Lalu Suplemen, bila perlu Anda bisa minum suplemen yang berisikan multivitamin dan mineral yang berkhasiat meningkatkan stamina dan kinerja darah, terutama bila Anda termasuk orang yang mudah lelah karena anemia.

Bugarkan badan dengan gerak badan. Tak perlu melakukan olahraga yang memakan waktu dan biaya. Lari pagi atau membiasakan diri naik turun tangga setinggi empat lantai setiap hari cukup untuk membakar energi dan membugarkan tubuh.

Yang perlu diingat, Tubuh Anda bukan mesin!! Karena itu, sesibuk apapun, sisihkan waktu untuk beristirahat. Usahakan agar kualitas istirahat baik. Tidur pulas selama 1-15 menit lebih bisa memulihkan tenaga yang lelah ketimbang tidur 8 jam namun tak nyenyak.

Kemudian, selalulah positive thinking. Karena ada baiknya berbaik sangka akan membuat Anda lebih bersemangat menjalani hidup. Beban seberat apapun akan terasa ringan. Sikap hidup seperti ini menjauhkan Anda dari stres dan penyakit. Dan stres adalah sesuatu yang paling dahsyat menguras energi. Bukan hanya letih, Anda pun bisa jatuh sakit dibuatnya.


Untuk apa belajar MATEMATIKA ???


Pertanyaan tersebut lumayan sering muncul ketika beberapa orang dianjurkan dengan paksa ataupun tidak paksa untuk belajar Matematika. Tidak tahu apakah pertanyaan itu muncul sebagai wujud nyata dari ke-kritis-an seseorang atau justru muncul sebagai refleksi atas ke-apatis-an seseorang terhadap Matematika?

Pertanyaan tersebut lumayan sering saya dengar sejak dulu, tetapi sepertinya saya pribadi tidak pernah mengajukan pertanyaan tersebut mungkin karena kepasrahan dan kekurangkritisan saya. Menurut pengalaman pribadi ditambah penuturan beberapa teman, pertanyaan tersebut diungkapkan mulai dari anak kecil (SD) sampai mahasiswa. Pertanyaan tersebut kelihatannya cukup sepélé tapi lumayan sulit untuk dijawab, kecuali kalau kita menjawabnya dengan prinsip “pokoknya…”.

Berikut ini beberapa contoh jawaban ngawur atas pertanyaan tersebut:

1. Ketika Tita (seorang anak SD kelas 1) bertanya “Untuk apa sich belajar Matematika?”

Mungkin bisa dijawab dengan singkat, “Supaya kamu bisa menghitung banyaknya kue yang kamu miliki dan juga bisa membaginya dengan adil untuk kakak dan adik”

2. Bagaimana kalau pertanyaan tersebut dilontarkan oleh seorang anak SMP?

Jawab saja dengan “Karena nanti di SMA (kalau melanjutkan sekolah) kalian juga akan belajar Matematika.”

3. Untuk anak SMA kita bisa memberikan jawaban untuk membuktikan dan menurunkan beberapa rumus Fisika kita membutuhkan Matematika. *Halah…jawaban macam apa ini*

4. Yang terakhir ini benar-benar pengalaman pribadi saya yang terbaru tentang pertanyaan tersebut.

Sekitar 1 tahun yang lalu saya ditanya oleh seorang mahasiswa Jurusan Pendidikan Keolahragaan yang harus menempuh satu mata kuliah wajib yang katanya menyebalkan, yaitu Matematika Dasar. Dia tanya “Untuk apa sih belajar Matematika segala? Memang kalau kita mau melempar lembing harus menghitung sudutnya dulu supaya bisa jauh?”.

Jujur saja saya tidak kaget dengan pertanyaan “Untuk apa sih belajar Matematika segala?” tetapi saya lumayan kaget dengan pertanyaan lanjutannya; “Memang kalau kita mau melempar lembing harus menghitung sudutnya dulu supaya bisa jauh?”. Pertanyaan lanjutan tersebut sebenarnya sudah menunjukkan kalau dia tahu Matematika di dalam ilmu keolahragaan tetapi tentu saja hal tersebut bukan merupakan aplikasi nyata dan realistis Matematika dalam ilmu keolahragaan. Terus terang waktu itu saya tidak mau berdebat panjang lebar tentang kegunaan Matematika bagi dia karena menurut saya dia juga benar. Waktu itu saya langsung memberi jawaban “Ya kamu benar. Mungkin kamu memang tidak butuh ilmu Matematikanya untuk disiplin ilmu keolahragaanmu, tetapi ingat kamu sangat membutuhkan nilai mata kuliah Matematika tersebut. Seandainya kamu tidak lulus mata kuliah Matematika, niscaya kamu tidak akan bisa menempuh ujian skripsi…apalagi lulus jadi Sarjana Olahraga.”.

Tidak tahu dia puas atau tidak dengan jawaban ngawur saya tersebut tapi yang jelas dia langsung diam dan menurut kabar yang saya terima dia dapat lulus mata kuliah Matematika Dasar dengan nilai yang memuaskan, tentu saja nilai yang dia dapat tidak ada kaitannya dengan jawaban saya waktu itu.

Tapi apakah sesimpel itu jawaban-jawaban untuk pertanyaan “Untuk apa belajar Matematika?”

Ilmu Matematika diantaranya meliputi aritmatika, geometri, aljabar dll sehingga kalau mau sok idealis tentu saja banyak manfaat Matematika untuk ilmu pengetahuan lain dan juga untuk kehidupan, misalnya:

Kombinasi (Statistika) bisa digunakan untuk mengetahui banyaknya formasi tim bola voli yang bisa dibentuk.
Aritmatika hampir digunakan setiap hari, yaitu untuk hitung-menghitung.
Geometri bisa digunakan para ahli sipil karena geometri salah satunya adalah membahas tentang bangun dan keruangan.
Aljabar bisa digunakan untuk memecahkan masalah bagaimana memperoleh laba sebanyak mungkin dengan biaya sesedikit mungkin.
Mungkin dengan logika Matematika juga bisa membantu untuk berpikir logis, tapi tentu saja bukan hanya Matematika saja yang bisa membantu dalam berpikir logis.
Itulah beberapa manfaat belajar Matematika jika ditinjau dari sudut pandang “sok dalil”, sehingga tentu saja masih banyak yang ngéyél “Untuk apa anak STM belajar tentang diferensial dan integral?”

Jadi sekali lagi, “Untuk apa susah-susah belajar Matematika?”


Ada apa dengan MATEMATIKA ?


Pada tanggal 24-27 Juli 2008 telah diselenggarakan Konferensi Nasional Matematika XIV dan Konggres Matematika Indonesia di Universitas Sriwijaya Palembang. Salah satu hal yang digarisbawahi dalam konferensi itu adalah peran matematika di masa depan. ”Matematika merupakan pondasi yang perlu ditanamkan sejak dini. Kalau sejak dini siswa tak suka matematika, maka mereka tidak akan pernah suka matematika”, kata Presiden IndoMS, Prof. Dr. Edi Tri Baskoro. Kenyataan ini telah mendorong timbulnya gerakan pendidikan matematika realistik yang mengutamakan metode pembelajaran matematika berangkat dari realitas pengetahuan sehari-hari.

Bagaimana dengan Anda, apakah matematika sudah menjadi bagian dari realita kehidupan Anda? Mulai dari bangun pagi, ketika Anda memutuskan untuk melakukan serangkaian kegiatan, otak Anda tanpa sadar sudah melakukan serangkaian iterasi yang jika diterjemahkan dalam bahasa program akan menghasilkan baris yang tidak sedikit. Belum lagi hitung-hitungan pertambahan dan pengurangan ketika Anda membayar angkotan kota. Seiring dengan meningkatnya kompleksitas kerjaan Anda, matematika juga akan hadir dengan bentuk yang penuh dengan simbol. Integral, differensial, perhitungan luas daerah dibawah kurva dan sebagainya. Agregasi kegiatan ekonomi yang membentuk kurva. Bilangan pi, deret…



Statistika, kenalan dulu ah!!

Apa seh Statistika, hmm makanan po…*halah diotak kok adanya makanan aza neh*..makane perkenalkan..tattataraaaa…

Salah satu definisi menyebutkan bahwa statistik adalah metode ilmiah untuk menyusun, meringkas, menyajikan dan menganalisa data, sehingga dapat ditarik suatu kesimpulan yang benar dan dapat dibuat keputusan yang masuk akal berdasarkan data tersebut.

Kalo di wikipedia. Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data. Singkatnya, statistika adalah ilmu yang berkenaan dengan data.
Nah di wiki ini juga djelasin sejarah statistika klik disini tuk liat di wikipedia. Atau kalo males nglink lagi aku copiin neh dari wiki…*matursuwun wikipedia*
Penggunaan istilah statistika berakar dari istilah istilah dalam bahasa latin moderen statisticum collegium ("dewan negara") dan bahasa Italia statista ("negarawan" atau "politikus").

Gottfried Achenwall (1749) menggunakan Statistik dalam bahasa Jerman untuk pertama kalinya sebagai nama bagi kegiatan analisis data kenegaraan, dengan mengartikannya sebagai "ilmu tentang negara (state)". Pada awal abad ke-19 telah terjadi pergeseran arti menjadi "ilmu mengenai pengumpulan dan klasifikasi data". Sir John Sinclair memperkenalkan nama (Statistics) dan pengertian ini ke dalam bahasa Inggris. Jadi, statistika secara prinsip mula-mula hanya mengurus data yang dipakai lembaga-lembaga administratif dan pemerintahan. Pengumpulan data terus berlanjut, khususnya melalui sensus yang dilakukan secara teratur untuk memberi informasi kependudukan yang berubah setiap saat.
Pada abad ke-19 dan awal abad ke-20 statistika mulai banyak menggunakan bidang-bidang dalam matematika, terutama probabilitas. Cabang statistika yang pada saat ini sangat luas digunakan untuk mendukung metode ilmiah, statistika inferensi, dikembangkan pada paruh kedua abad ke-19 dan awal abad ke-20 oleh Ronald Fisher (peletak dasar statistika inferensi), Karl Pearson (metode regresi linear), dan William Sealey Gosset (meneliti problem sampel berukuran kecil).[by: www.fajarkeren.co.cc ] Penggunaan statistika pada masa sekarang dapat dikatakan telah menyentuh semua bidang ilmu pengetahuan, mulai dari astronomi hingga linguistika. Bidang-bidang ekonomi, biologi dan cabang-cabang terapannya, serta psikologi banyak dipengaruhi oleh statistika dalam metodologinya. Akibatnya lahirlah ilmu-ilmu gabungan seperti ekonometrika, biometrika (atau biostatistika), dan psikometrika.
Meskipun ada kubu yang menganggap statistika sebagai cabang dari matematika, tetapi orang lebih banyak menganggap statistika sebagai bidang yang banyak terkait dengan matematika melihat dari sejarah dan aplikasinya. Di Indonesia, kajian statistika sebagian besar masuk dalam fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam, baik di dalam departemen tersendiri maupun tergabung dengan matematika.




Apa itu CANTIK ?

Semakin kita kehilangan suatu kepercayaan diri, maka akan akan semakin sulit kita memutuskan yang terbaik yang harus kita lakukan pada diri kita sendiri. Keragu-raguan itu akan pula menyulitkan kita untuk mengaktualisasikan siapa diri kita sebenarnya. Bisa jadi kita yang seharusnya menjadi lebih baik dari sekarang, tetap pada posisi yang sama. Tidak bergerak maju.
Cantik merupakan satu yang terpancar dari kepercayaan diri yang telah kita bangun. Mungkin keadaan jasmani kita tidak semolek selebritis, tapi kita pandai memanfaatkan kelebihan yang kita miliki untuk menghalangi orang memandang kekurangan kita, melainkan hanya melihat kelebihan kita saja. Kita begitu percaya diri dengan apa pun yang kita miliki






Arti Sebuah Kecantikan

Menjadi cantik, siapa sih yang tidak mau...setiap cewek menginginkan dirinya diberikan anugerah kecantikan yang sempurna dari Tuhan, cantik dan menjadi perhatian banyak orang, terkenal dan bangga dengan dirinya sendiri. Menjadi cantik apakah selalu diukur dengan keindahan lahiriah saja? Masing-masing orang memiliki jawaban yang berbeda dan itu kembali pada sejauh mana orang tersebut menilai arti sebuah kecantikan.
Paling sering kita sekarang mendengan Inner beauty yaitu kecantikan yang berasal dari dalam. Sudah jelas bahwa kecantikan memang bukan saja melihat secantik apa wajah kita, seindah apa tubuh kita, tapi kecantikan dari dalam dapat mendongkrak sisi terburuk yang kita miliki.
Lulu Dewayanti, moldel beken Indonesia bisa jadi patokan yang bagus. Wajahnya tidak begitu cantik, tapi percaya dirinya yang kuat telah membuat pribadinya begitu menarik. Dia sukses di model bukan dengan mengandalkan wajah cantik melainkan dia berusaha mencapainya dengan percaya diri.

Jika kita Tidak merasa Cantik

Membandingkan diri kita dengan supermodel..wah jauh sekali,..mereka terlihat sangat cantik dalam suasana apapun tapi kita..mengapa kita selalu merasa jelek dibandingkan orang lain...ubahlah pandangan itu dalam diri kita karena tak ada satupun mahluk Tuhan diciptakan jelek..semuanya cantik, tergantung darimana kita memandangnya, okelah dari sudut lahiriah supermodel adalah mahluk yang cantik tapi jauh dilubuk hati yang terdalam kita adalah yang paling cantik.Bentuklah kecantikan sesuatu dengan apa yang kamu inginkan, kalaupun memang benar kamu merasa tidak cantik tapi buatlah diri kamu cantik dengan selalu menjadi orang serasi dalam mempadu-padankan busana, menata diri kamu sebaik mungkin dan jadilah orang yang menyenangkan bagi setiap lingkungan yang kamu datangi.

Mengubah pandangan mengenai Arti cantik yang sesungguhnya

Jangan menilai kecantikan dari keindahan lahiriah saja, ubahlah pandangan kamu mengenai arti kecantikan kamu, kecantikan tidak dapat dinilai dari satu sudut pandang saja melainkan dari berbagai segi yang satu sama lain saling mendukung, kecantikan adalah perpaduan dari keindahan lahiriah dan batiniah, keindahan lahiriah tanpa keindahan batiniah akan terasa hambar tetapi keindahan Batiniah akan memancarkan keindahan lahiriah. Kecantikan lahiriah akan terasa hambar jika tidak diseimbangi oleh kecantikan batiniah.

Syukuri yang kamu miliki

Rasa syukur akan segala karunia yang Tuhan berikan kepadamu akan membuat diri kamu selalu merasa bahagia pada setiap harinya, kamu menjadi orang yang tak pernah mengeluhkan suatu hal, kamu selalu dapat menempatkan diri kamu pada porsi yang sesungguhnya, kamu menghargai diri kamu sendiri dengan apapun bentuk kekurangan dan kelebihan kamu, kamu bersyukur dan kamu akan selalu merasa bahagia, kebahagiaan yang kamu rasakan akan terpancar pada sikap keseharian kamu, kamu menjadi ceria dan selalu tersenyum, maka kecantikan yang kamu idamkan akan kamu dapatkan.
Alangkah bahagianya jika kita dapat menyuskuri siapa pun diri kita. Kita akan terhindar dari perasaan iri, dengki, rendah diri, dan tertekan.
[by: www.fajarkeren.co.cc ] Kita akan mencintai diri kita sendiri, dengan kondisi apa pun yang kita miliki.
Desi Fitri, seorang penyanyi yang memiliki kekurangan pada anggota badannya, begitu tampil percaya diri dengan kelebihan pada suaranya. Suaranya yang merdu dipergunakan untuk membuatnya lebih menarik. Lupakan kekurangan yang kita miliki, karena tak ada seorangpun yang sempurna.

Keindahan Batiniah

Banyak orang mengatakan keindahan batiniah (inner beauty) sangat sulit untuk dimiliki tapi itulah kecantikan yang mutlak harus dimiliki setiap orang, keindahan lahiriah akan dengan mudah dimiliki apalagi di abad canggih ini, orang yang berhidung pesek bisa mancung, orang berkulit hitam bisa menjadi putih, semuanya bisa mungkin untuk menjadi indah secara lahiriah tapi kenapa alangkah sulitnya mencapai keindahan batiniah?..untuk mencapai keindahan yang mutlak ini diperlukan suatu kesadaran bahwa keindahan batiniah adalah yang paling penting untuk dimiliki. Dan untuk mencapai keindahan batiniah adalah memerlukan suatu proses yang sulit jika tidak diimbangi oleh keyakinan diri sendiri bahwa itulah yang harus dimiliki.

Kecantikan Lahiriah tidaklah abadi

Bolehlah sekarang kamu merasa sombong dengan keindahan lahiriah yang kamu miliki tapi ingat bahwa keindahan itu hanya sesaat kamu miliki, tak ada yang abadi dalam kehidupan ini selain keindahan batiniah. Seiring dengan waktu akan memudarkan kecantikan kita, pelan namun itu pasti terjadi, namun apakah keindahan batiniah itu akan pupus seiring dengan waktu? Tidak malahan akan bertambah indah jika kamu terus mengembangbiakannya dan memeliharanya. Pribahasa mengatakan Harimau mati meninggalkan belangnya, Gajah mati meninggalkan Gadingnya, ini berarti bahwa yang ditinggalkan manusia pada kehidupan ini adalah kebaikannya.
Satu yang tak boleh kita lupakan. “TETAPLAH PERCAYA DIRI WALAU SIAPAPUN DIRI KAMU”
Cantik tanpa percaya diri, maka akan menjadi hambar. Percaya diri walau tidak cantik, maka akan menjadi menarik.


Apakah ada CINTA SEJATI ?

Cinta sejati itu apa? Banyak orang tidak memahaminya. Namun begitu banyak yang percaya bahwa cinta sejati pasti ada bagi setiap manusia. Hanya seseorang itu akan menemukannya atau tidak. Seolah-olah cinta sejati itu akan dibawa oleh sosok misterius yang datangnya entah dari mana, yang akan membawa cinta dalam genggamannya dan memberikannya pada Anda. Bila belum menemukannya, maka akan dicari sampai dapat, sampai kapanpun. Banyak orang berkata,”Aku akan menanti cinta sejatiku tiba, kapanpun, di manapun!” Seolah-olah cinta sejati adalah berkah yang datangnya dari langit.

Tapi cinta, tidak datang tiba-tiba. Ia bukanlah berkah. Ia hadir dalam kehidupan kita sebagaimana kita makan atau minum. Tidak luar biasa. Menurut Abraham Maslow, salah seorang tokoh psikologi terkemuka, cinta sejati itu ada.
Cinta sejati adalah ketika kita mencintai diri orang lain apa adanya, tidak adanya kebutuhan terhadap cinta, dan tidak mencintai diri sendiri. Cinta sejati dicirikan dengan ketika perhatian terhadap yang dicintai menimbulkan kepuasan sebagaimana ketika mendapatkan perhatian darinya. Ciri lain dari cinta sejati adalah menghormati yang dicintai, dan memotivasi apa yang menjadi minatnya. Kebahagiaan merupakan perpaduan antara apa yang terbaik untuknya dan apa yang diinginkan untuk diri sendiri. Perhatian akan berakhir untuknya dan tidak akan pernah berakhir. Kita menghormati yang kita cintai sebagai pribadi yang terpisah dari diri kita bukan untuk memanipulasi, menguasai, dan mengontrolnya.

Perhatian dalam cinta sejati mestilah tulus. Ketika perhatian merupakan representasi dari kurangnya cinta (defisiensi love), perhatian itu barangkali dimanipulasi (saya menunjukkan perhatian padamu karena saya mengharapkan sesuatu darimu), menekan/menyesakkan (saya memperhatikanmu tidak peduli apakah kamu memerlukan perhatianku atau tidak), menimbulkan ketergantungan (saya memperhatikanmu karena saya tidak ingin kamu menjadi bebas), agresif (saya memperhatikanmu, jadi kamu seharusnya memberikan perhatian lebih kepadaku).

Pertanyaannya, apakah Anda memiliki cinta sejati itu?



APA ITU KKPI ?

KKPI adalah singkatan dari Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi.

Deskripsi Umum KKPI

Agar generasi masa depan dapat mengikuti derap perkembangan global, kita harus mengupayakan agar setiap insan anak bangsa melek informasi. Oleh karena itu mereka perlu dibekali dengan kemahiran minimal, yaitu mengoperasikan komputer untuk ‘mengelola’ informasi.
1. KKPI adalah kemampuan minimal yang harus dibekalkan kepada Insan Indonesia (siswa SLTA atau sederajat) agar mampu menggunakan komputer sebagai alat bantu untuk mengelola informasi adalah sebagai berikut :
a. Mengoperasikan komputer
- menghubungkan seluruh komponen komputer dengan kabel penghubung sehingga dapat dihidupkan/dinyalakan dan dapat berfungsi
- menghidupkan/menyalakan perangkat komputer
- membuka dan menutup/mematikan program aplikasi pengolah kata, pengolah angka / bilangan, dan pembuat paparan
- mengetik dengan 10 jari

b. Mengelola informasi
- mencari informasi
- mengelompokkan, mengklasifikasikan, menyimpan
- mengambil kembali informasi tersebut
- mengemas menjadi informasi baru
- menyusun menjadi bahan paparan
- memaparkan atau mempresentasikan informasi
- melakukan koneksi ke internet
- bekerja menggunakan internet untuk mencari, mengumpulkan, dan merekam informasi

2. KKPI akan terus dikembangkan, sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

3. KKPI adalah paradigma masa depan, bukan paradigma sekarang atau masa lalu. KKPI adalah satu bentuk kepedulian pengembang IT Depdiknas untuk mempersiapkan anak bangsa agar “siap hidup di jamannya”.
Anda butuh CD Modul KKPI Lengkap, berikut soal dan jawaban KKPI ? Hubungi Mr. FajarS via email: fajarsubhi@yahoo.co.id




YANG TERBARU DARI:

Rubrik Teknologi



POLITIK DALAM ISLAM




PARPOL



Click berikut ini untuk:

====>>> LANJUTKAN

CLICK untuk: Latihan-KKPI

1 comment: