Thursday, July 9, 2009

Prototipe Google Chrome OS



Sudah Kenal Prototipe Google Chrome OS ?


Google telah mengumumkan pengembangan Google Chrome Operating System yang akan dirilis akhir tahun ini dan beredar di pasar mulai pertengahan 2010. Bocoran yang diungkap Google dalam blog resminya hanya informasi dasar bahwa sistem operasi tersebut berbasis open source, bekerja, baik di sistem prosesor x86, maupun ARM, ringan, meminta spesifikasi hardware ringan, dan dibuat dari platform web browser Chrome.

Seperti apa spesifikasi rinci sistem operasi tersebut masih menjadi rahasia. Namun, hanya selang dua hari sejak diumumkan, muncul sebuah blog tanpa identitas penulis yang memberikan informasi seputar sistem operasi tersebut.

Penulis blog tersebut mengklaim sebagai sumber pertama yang memperlihatkan screenshot Google Chrome OS. Ada 4 gambar yang diperlihatkan dalam blog yang beralamat di http://chromeosleak.wordpress.com itu. Dalam gambar screenshot dari berbagai sudut itu tertulis Google Chrome OS Private Development Beta.

Penulis blog itu mengaku bekerja sebagai salah satu perusahaan penyuplai komponen untuk laptop Acer. Sebelumnya, Google mengumumkan telah menjajaki kerja sama dengan sejumlah vendor yang akan menggunakan sistem operasi tersebut, termasuk Acer.

"Hari ini seorang perwakilan Google berkunjung ke tim Acer untuk meng-instal dan memamerkan beberapa fitur Google OS yang sedang dalam pengembangan. Saya diundang Acer untuk datang dan melihat demo tersebut," katanya.

Demo tersebut dilakukan menggunakan laptop Acer Extensa 4620Z yang diproduksi antara akhir 2007 dan awal 2008. Sejumlah fakta yang dilaporkan antara lain:

1. Proses instalasi di laptop tersebut hanya membutuhkan waktu 10 menit dan hanya sekali restart.
2.Untuk booting membutuhkan waktu sekitar 25 detik.
3. Di bagian bawah ada tombol warna biru yang disebut Chrome Bara seperti pada bagian tengah logo Chrome. Fungsinya seperti menu Start pada Windows karena jika diklik keluar jendela folder program.
4. Bagian pojok kanan bawah ada penanda waktu (jam digital) dan juga penanda kualitas jaringan internet.
5. Ada dua cara navigasi, exploration dan browser. Dengan Exploration, navigasi dilakukan mirip Windows Explorer, sedangkan navigasi browser menawarkan pencarian menggunakan fitur pencarian.

Namun, semua informasi tersebut masih belum dikonfirmasi Google. Benar atau tidak, kita tunggu saja.



Google Chrome Operating System


Tak cukup merilis Android sebagai platform sistem operasi berbasis open source, Google juga segera merilis sistem operasi baru yang diberi nama Google Chrome Operating System. Sesuai namanya, sistem operasi tersebut merupakan pengembangan lanjut proyek web browser Chrome yang sudah dirilis Google sejak sembilan bulan lalu.

"Google Chrome OS merupakan proyek baru, terpisah dari Android," tulis Sundar Pichai, VP Product Management and Linus Upson, Engineering Director Google dalam blog resmi Google yang dirilis Selasa (7/7). Kalau Android didesain dari awal untuk bekerja di berbagai perangkat dari ponsel, set top box, netbook Google Chrome OS untuk netbook hingga desktop standar.

Google mengakui bahwa ada irisan antara pemanfaatan Android dan Google Chrome OS nantinya. Namun, hal tersebut akan ditentukan seberapa penting inovasi yang dihasilkan dan manfaat dari penerapannya bagi semua orang, termasuk Google sendiri.

Sistem operasi baru ini dibuat untuk memuaskan para pengguna yang tak bisa lepas dari internet dan dibangun dari platform web browser. Pengguna seperti ini umumnya membutuhkan akses ke browser web dan layanan online secepat mungkin tanpa booting lama untuk menyalakan komputer yang memang sistem operasinya saat ini tidak dibuat khusus untuk akses ke internet.[ www.fajarkren.co.cc ] Google Chrome OS akan menjawab tantangan tersebut.

"Kecepatan, kerampingan, dan keamanan merupakan aspek-aspek kunci Google Chrome OS," demikian pernyataan Google dalam blog resminya. Dari sisi kecepatan, perangkat lunak ini membutuhkan spesifikasi perangkat keras rendah dan dapat melakukan booting dengan cepat.

Google Chrome OS pada tahap awal didesain untuk bekerja pada netbook. Akhir tahun ini, Google akan merilisnya ke komunitas open source dan pada tengah tahun 2010 akan tersedia netbook dengan sistem operasi tersebut. Google mengaku telah menjalin hubungan dengan sejumlah vendor komputer.[www.fajarkren.co.cc]

No comments: