Monday, July 24, 2023

Logika Pemrogramman

 

Logika harus mempunyai awal dan akhir, serta harus berhenti setelah mengerjakan serangkaian tugas. Setiap langkah harus didefinisikan secara tepat sehingga tidak memiliki arti ganda (not ambiguous)

Pengertian Logika lainnya – Logika adalah istilah yang dibentuk dari kata logikos yang berasal dari kata benda logos. Kata logos, berarti sesuatu yang diutarakan, suatu pertimbangan akal (pikiran), kata, percakapan, atau ungkapan lewat bahasa. Kata logikos, berarti mengenal kata, mengenai percakapan atau yang berkenaan dengan ungkapan lewat bahasa.

Pengertian Logika berdasarkan Ahli

Relasi antara logika dan algoritma pemrograman

Nah, kalau logika itu adalah bentuk penalaran atau bentuk konsep berfikir (seperti) komputer, maka Algoritma adalah langkah aksi yang akan kamu lakukan sesuai logika (komputer).

Hubungan antara logika dan algoritma adalah cara kalian berfikir dalam menyelesaikan masalah lalu membuat langkah untuk melakukan penyelesaian masalah tersebut secara sistematis dan sesuai dengan cara kerja komputer.

Syarat utama agar algoritma berjalan adalah, algoritma haruslah bernilai benar. Artinya saat membuat algoritma anda harus berfikir logis dan kebenarannya dapat ditentukan.

Benar disini bukan berarti harus jawaban benar, tapi memberikan nilai output yang sesuai logika (masuk akan). Apa yang terjadi jika output algoritmanya aja gak benar? Ya ancur…

Gini contoh output logika dan algoritma harus benar…(kita tidak bicara nilai benar atau salah, tapi logikanya)

Contoh penulisan algoritma sesuai dengan logika dalam kehidupan sehari-hari: menentukan antara bilangan genap dan ganjil…ingat, logikanya harus benar

  1. Mulai
  2. Masukan sembarang angka.
  3. Bagi angka tersebut dengan 2
  4. Apakah habis di bagi 2?
  5. Jika ya, Tampilkan genap.
  6. Jika tidak, tampilkan ganjil.
  7. Selesai.

Sampai jumpa di pertemuan berikutnya
























No comments: