Tuesday, August 29, 2023

SISTEM KOMPUTER

SISTEM BILANGAN


Dalam dunia pemrograman sistem bilang biner merupakan dasar dari semua sistem dan operasi komputasi. Maka dari itu seorang programmer tentu tak asing dengan istilah biner dalam mengembangkan berbagai aplikasi, web, maupun beragam sistem. Sistem bilangan biner sendiri mewakili bilangan yang hanya dalam dua digit, yaitu 0 (nol) dan 1 (satu). Semua input yang diberikan ke komputer didekodekan dalam sistem bilangan biner menjadi rangkaian 0 (nol) atau 1 (satu) sebelum diproses lebih lanjut, karena komputer hanya dapat memahami informasi biner, yang diwakili oleh angka 0 atau 1. 



Pengertian sistem bilangan adalah cara menentukan suatu bilangan dapat diwakili menggunakan simbol yang telah disepakati (standar).


Pengertian lain dari Sistem bilangan adalah suatu cara untuk mewakili besaran dari suatu nilai fisik. Sistem bilangan menggunakan radiks atau basis sebagai penentu nilai (bobot) sebuah bilangan. Radiks atau basis ini yang akan menjadi patokan nilai sesungguhnya (bobot) dari sebuah bilangan.

Pada kompetensi dasar Sistem Komputer, sistem bilangan komputer terdiri dari :

  1. Sistem bilangan yang menggunakan radiks atau basis 10 disebut Desimal
  2. Sistem bilangan yang menggunakan radiks atau basis 2 disebut Biner
  3. Sistem bilangan yang menggunakan radiks atau basis 8 disebut Oktal
  4. Sistem bilangan yang menggunakan radiks atau basis 16 disebut HeksaDesimal
Untuk baca selanjutnya >> silahkan klik CONTOH KONVERSI BILANGAN <<

No comments: