Wednesday, December 31, 2008

Mengatasi Rasa Lelah




Sering merasa LELAH ??
Kiat Menjaga Stamina Tubuh

Pekerjaan satu belum selesai, eh bos sudah menambahi dengan setumpuk pekerjaan baru. Apa boleh buat, ritme kerja mesti dipercepat dan bekerja sampai larut malam atau lembur di hari libur tak bisa dielakkan. Ngedumel di belakang bos, jelas tidak membantu apa-apa.

Yang perlu dilakuan wanita karir adalah menjaga stamina tetap prima agar konsentrasi kerja tidak terganggu oleh rasa letih dan lelah. Mungkin Anda merasa bisa memacu tubuh Anda mungkin merasa bisa memacu tubuh Anda bekerja sampai batas maksimal. Padahal tubuh juga butuh beristirahat. Jika Anda tidak memberikannya, tubuh akan menagih dan anda harus mendekam di tempat tidur karena sakit yang diakibatkan kecapaian selama beberapa hari.

Stamina prima menjadi kaharusan bagi orang-orang bekerja atau memiliki kesibukan rutin di luar rumah.[by: www.fajarkeren.co.cc] Stamina prima ini tidak datang secara otomatis, tapi harus diupayakan dengan berbagai cara.

Kunci utamanya adalah mempraktikkan pola hidup sehat. Suatu slogan yang sangat sering didengungkan tapi jarang dipraktikkan. Apakah karena sulit dilakukan? Stamina yang baik akan tergantung pada tekad dan kemauan Anda untuk tetap tampil fit.

Beberapa poin pola hidup sehat yang dapat memperkokoh stamina Anda mulai dari Asupan gizi seimbang, Suplemen, Bugarkan badan dengan gerak badan, dan Selalulah positive thinking.

Untuk Asupan gizi seimbang, menu makanan harian hendaknya memenuhi kriteria empat sehat dan lima sempurna. Kebutuhan zat gizi penting (karbohidrat, protein, vitamin dan mineral) wajib terpenuhi karena dibutuhkan oleh tubuh. Takaran porsi dan pilihan zat gizi prioritas perlu disesuaikan dengan berat ringan aktivitas serta kondisi tubuh Anda. Pekerja kantoran tentu tidak perlu menyantap karbohidrat sebanyak orang yang bekerja di bawah terik sinar matahari. Lagi pula terlalu makan karbohidrat akan mengundang kantuk. Ritme kerja bakal terganggu.

Lalu Suplemen, bila perlu Anda bisa minum suplemen yang berisikan multivitamin dan mineral yang berkhasiat meningkatkan stamina dan kinerja darah, terutama bila Anda termasuk orang yang mudah lelah karena anemia.

Bugarkan badan dengan gerak badan. Tak perlu melakukan olahraga yang memakan waktu dan biaya. Lari pagi atau membiasakan diri naik turun tangga setinggi empat lantai setiap hari cukup untuk membakar energi dan membugarkan tubuh.

Yang perlu diingat, Tubuh Anda bukan mesin!! Karena itu, sesibuk apapun, sisihkan waktu untuk beristirahat. Usahakan agar kualitas istirahat baik. Tidur pulas selama 1-15 menit lebih bisa memulihkan tenaga yang lelah ketimbang tidur 8 jam namun tak nyenyak.

Kemudian, selalulah positive thinking. Karena ada baiknya berbaik sangka akan membuat Anda lebih bersemangat menjalani hidup. Beban seberat apapun akan terasa ringan. Sikap hidup seperti ini menjauhkan Anda dari stres dan penyakit. Dan stres adalah sesuatu yang paling dahsyat menguras energi. Bukan hanya letih, Anda pun bisa jatuh sakit dibuatnya.

No comments: